Kepala Arca Ganesha Terbesar di Dieng Masih Belum Ditemukan

Uje Hartono - detikNews
Minggu, 05 Jan 2020 10:38 WIB
Foto: Penemuan arca Ganesha terbesar di Dieng (dok. pengelola obyek wisata Dieng)
Banjarnegara - Hingga saat ini kepala arca Ganesha di Desa Dieng Wetan, Kecamatan Kejajar, Wonosobo belum ditemukan. Pengelola Obyek Wisata Dieng berharap ada ekskavasi lanjutan untuk mencari kepala arca terbesar ini.

"Harapan saya bisa dilakukan ekskavasi lanjutan. Ada yang meyakini bahwa kepala dari arca Ganesha ini juga masih terpendam di daerah sini," kata Kepala UPT Pengelolaan Obyek Wisata Dieng, Aryadi Darwanto saat dihubungi detikcom, Minggu (5/1/2020).


Sejak ditemukan pada Jumat (27/12), tubuh arca Ganesha itu belum dipindahkan ke lokasi baru. Sementara temuan kepalan tangan arca Ganesha, batu bata, dan atap candi sudah disimpan di Museum Kaliasa di Dieng.


Aryadi mengatakan kelanjutan dari penemuan arca ini menunggu kedatangan Balai Pelestarian Cagar Budaya (BPCB) Jawa Tengah. BPCB dijadwalkan akan ke Dieng awal pekan depan.

"Jadi kalau nanti setelah diteliti merupakan insitu akan dilakukan ekskavasi lanjutan. Tetapi kalau tidak ya hanya mengambil arca Ganesha tersebut," jelasnya. (ams/ams)