Isak Tangis Keluarga Iringi Pemakaman Prof Yunahar Ilyas

Usman Hadi - detikNews
Jumat, 03 Jan 2020 15:08 WIB
Foto: Pemakaman Yunahar Ilyas di Makam Karangkajen, Yogyakarta (Usman Hadi-detikcom)
Yogyakarta - Jenazah Ketua PP Muhammadiyah Bidang Tarjih, Tajdid dan Tabligh, Prof Yunahar Ilyas dimakamkan di Kompleks Pemakaman Karangkajen, Yogyakarta. Ribuan pelayat turut mengikuti pemakaman Prof Yunahar.

Kompleks makam ini berada di belakang Masjid Jami' Karangkajen Kota Yogyakarta. Jenazah almarhum tiba di kompleks pemakaman sekitar pukul 13.00 WIB, kemudian almarhum dikebumikan pukul 13.25 WIB. Isak tangis keluarga mengiringi pemakaman wakil ketua MUI itu.


Sejumlah tokoh turut mengantarkan kepergian almarhum di antaranya Menko Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (PMK) Muhadjir Effendy, eks Ketum PP Muhammadiyah Din Syamsuddin, Ketua PP Muhammadiyah Haedar Nashir, dan tokoh lainnya.

Muhadjir Effendy menuturkan Yunahar merupakan salah satu tokoh di PP Muhammadiyah yang dekat dengan dirinya. Sebelum meninggal, ia beberapa kali menyempatkan diri menjenguk Yunahar ke RS PKU Kota Yogya dan ke RSUP dr Sardjito.

"Secara pribadi saya sangat dekat dengan beliau, dan terakhir saya juga menjenguk beliau di Rumah Sakit, sayang waktu itu tidak bisa ketemu langsung. Tapi dua-tiga kali sebelum itu saya sempat bicara banyak dengan beliau," kata Muhadjir, Jumat (3/1/2020).
Isak Tangis Keluarga Iringi Pemakaman Prof Yunahar IlyasFoto: Pemakaman Yunahar Ilyas di Makam Karangkajen, Yogyakarta (Usman Hadi-detikcom)


Yunahar memang menjadi salah satu tokoh yang dekat dengan Muhadjir. Yunahar selama ini menjadi rujukan Muhadjir dalam bertanya mengenai suatu perkara agama, termasuk bertanya bab ilmu tata Bahasa Arab.

"Karena saya memang nggak terlalu bagus Bahasa Arab, sehingga kalau tanya tentang nahwu, saraf, tentang masdar, kalau ada istilah yang saya masih ragu biasanya beliau yang saya minta untuk memberikan second opinion," tutupnya.



Tonton video Doa dan Penghormatan Terakhir untuk Prof Yunahar di Masjid Kauman:

[Gambas:Video 20detik]



(ush/ams)