Yunahar Wafat, Kantor PP Muhammadiyah Yogya Dibanjiri Karangan Bunga

Usman Hadi - detikNews
Jumat, 03 Jan 2020 12:20 WIB
Yunahar Ilyas wafat, karangan bunga memenuhi kantor PP Muhammadiyah, Yogyakarta. Foto: Usman Hadi/detikcom
Yogyakarta - Ketua PP Muhammadiyah Bidang Tarjih, Tajdid dan Tabligh, Prof Yunahar Ilyas, wafat pada tengah malam tadi. Kantor PP Muhammadiyah Yogyakarta di Jalan Cik Ditiro No 23 dibanjiri karangan bunga duka cita.

Pantauan di Kantor PP Muhammadiyah Yogyakarta, karangan bunga ungkapan bela sungkawa berasal dari sejumlah politikus, organisasi kemasyarakatan, maupun dari unit usaha atau perusahaan.

Di antara karangan bunga itu berasal dari politikus PAN sekaligus anggota DPR RI Hanafi Rais, Wakil Ketua DPRD DIY Huda Tri Yudiana, Bupati Sleman Sri Purnomo dan Wakil Bupati Sleman Sri Muslimatun, dan politikus lainnya.


Karangan bunga juga berasal dari Pimpinan Pusat Nasyiatul Aisyiyah, Pembina YBW UII, Keluarga Besar KPWBI DIY, DPW PKS Yogyakarta, DPW LDII DIY, Bank BPD DIY, Bank Bukopin, DPD PDI Perjuangan DIY dan lainnya.

Yunahar Ilyas wafat, karangan bunga memenuhi kantor PP Muhammadiyah, Yogyakarta.Yunahar Ilyas wafat, karangan bunga memenuhi kantor PP Muhammadiyah, Yogyakarta. Foto: Usman Hadi/detikcom

Yunahar yang juga tercatat sebagai Wakil Ketua Umum MUI Pusat 2015-2020 itu memang sempat disemayamkan di Kantor PP Muhammadiyah Yogyakarta, pagi tadi. Kini jenazahnya berada di Masjid Gedhe Kauman.


"Jenazah diberangkatkan dari Gedung PP Muhammadiyah ke Masjid Besar Kauman Yogyakarta untuk nanti di sana disalatkan setelah salat Jumat," kata Ketum PP Muhammadiyah, Haedar Nashir, Jumat (3/1/2020).

"(Jenazah almarhum) akan dimakamkan di Kompleks Pemakaman Karangkajen Yogyakarta, di mana di sana banyak tokoh Muhammadiyah dimakamkan termasuk Kiai Haji Ahmad Dahlan," tutupnya. (ush/sip)