Cegah Banjir, Taj Yasin Minta Warga Bersihkan Gorong-gorong

Akrom Hazami - detikNews
Kamis, 02 Jan 2020 17:27 WIB
Foto: Wagub Jateng Taj Yasin di Kudus (Akrom/detikcom)
Kudus - Curah hujan yang tinggi membuat sejumlah daerah siaga banjir, tak terkecuali di Jawa Tengah. Wakil Gubernur (Wagub) Jawa Tengah Taj Yasin mengimbau masyarakat untuk membersihkan saluran air dan mulai memperbanyak penanaman pohon untuk mencegah banjir.

"Kalau saat ini intensitas hujan makin banyak. Yang pertama, gorong-gorong dibersihkan. Masyarakat diimbau untuk melihat gorong-gorong, dan membersihkan," kata Yasin saat singgah di kawasan R Agil Kusumadya, Kudus, Kamis (2/2/2019).


Taj Yasin menuturkan berdasarkan pengalaman tahun sebelumnya banjir terjadi karena ada saluran air yang tidak lancar. Dia menambahkan banjir juga terjadi karena pohon besar yang berfungsi sebagai penahan air mulai jarang ditemukan di beberapa daerah.

"Beberapa kasus yang tahun kemarin kita pengalaman. Pertama, banjir ada karena air tidak lancar. Yang kedua, kalau melihat pakai helikopter, pohon besar ini sudah mulai jarang. Maka ini memang harus didorong penanaman pohon lagi, sehingga penyerapan itu bisa maksimal," urainya.


Taj Yasin juga mengakui masih banyak sungai yang mengalami pendangkalan. Dia memastikan pihaknya mulai melakukan perbaikan dan normalisasi sungai.

"Kemarin sudah ditangani, mulai diperbaiki alirannya, mulai diperbaiki sungainya. Kemarin saat banjir kan terjadinya karena pendangkalannya yang terlalu tinggi, to," tambah Yasin.


Dia juga menyebut banyak daerah di Jawa Tengah rawan banjir. Pihak Pemprov, menurutnya, juga sudah melakukan langkah-langkah antisipasi.

"Rawan banjir semua, dari Kudus, Pati sudah kita tata, Grobogan, Semarang juga diperbaiki lewat BBWS (Balai Besar Wilayah Sungai)," ucapnya. (ams/sip)