Gubernur Ganjar Siap Kirim Bantuan untuk Tangani Banjir di Jakarta

Angling Adhitya Purbaya - detikNews
Kamis, 02 Jan 2020 14:14 WIB
Gubernur Jateng, Ganjar Pranowo saat meninjau rumah pompa di Kali Sringin, Kota Semarang. Foto: Angling Adhitya Purbaya/detikcom
Semarang - Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo mengaku siap mengirim bantuan jika DKI Jakarta membutuhkan bantuan dalam penanganan banjir. Bantuan yang dimaksud Ganjar baik berupa personel maupun logistik.

"Kami prinsipnya standby. Kalau dibutuhkan, kami siap kirim personel ke Jakarta dan sekitarnya. Apalagi ini kan jaraknya dekat," kata Ganjar saat meninjau rumah pompa di Kali Sringin, Kota Semarang, Kamis (2/1/2020).

Menurutnya, kebutuhan logistik di Jakarta kemungkinan sudah cukup. Sehingga bisa jadi kebutuhan berupa personel untuk evakuasi dan penanganan dampak banjir.


"Kalau logistik saya yakin Jakarta sudah siap. Yang dibutuhkan sekarang kan mungkin personel. Tapi kalau memang dibutuhkan logistik juga, kami siap bantu," pungkasnya.

Ganjar mengatakan pada dasarnya BPBD Jawa Tengah siap membantu daerah lain dalam penanganan bencana seperti ketika bencana gempa dan tsunami Palu. Dalam kesempatan ini, Ganjar mengingatkan kepada semua pihak untuk gotong royong di tengah bencana dan tidak saling mencaci.


"Hentikan caci maki, marah-marah. Mari kita perbanyak gotong royong untuk menolong. Jateng siap membantu jika dibutuhkan di Jakarta, Depok, Tangerang dan sebagainya," tegasnya.

Simak Video "Atasi Banjir, Anies Minta Jajarannya Jangan Kasih Kendor"

[Gambas:Video 20detik]

(alg/sip)