Kaleidoskop 2019

Trending Topic di Yogya, #GejayanMemanggil dan #UGMBohongLagi

Tim Detikcom - detikNews
Selasa, 31 Des 2019 17:30 WIB
Foto: detik
Yogyakarta - Menilik perjalanan tahun 2019 yang sebentar lagi usai, Yogyakarta sempat mencuri perhatian di dunia maya hingga memuncaki trending topic di Twitter. Dua tagar yang paling menghebohkan adalah #GejayanMemanggil dan #UGMBohongLagi.

Ada yang sama dari kedua tagar tersebut, yakni sama-sama diusung oleh pergerakan mahasiswa di Yogyakarta. Lebih dulu tentang #GejayanMemanggil, seruan ini berawal dari aksi mahasiswa dan elemen sipil di Yogyakarta yang mengatasnamakan dirinya Aliansi Rakyat Bergerak. Mereka merespons sejumlah rancangan undang-undang saat itu, yakni RUU KPK dan RKUHP, tepatnya pada September 2019.

Ajakan aksi yang mengusung tagar tersebut viral dan beredar masif di media sosial. Menurut catatan detikcom, trending pembicaraan ini mulai meningkat pada Senin (23/9) dini hari.

Aksi tersebut terlaksana tepat di Simpang Tiga Colombo, Gejayan, pada Senin (23/9) sekitar pukul 12.30 WIB.


Demonstrasi ini terilhami oleh aksi massa melawan rezim Presiden Soeharto pada masa reformasi 21 tahun silam.

"21 tahun lalu, kekuasaan rezim militer Soeharto telah runtuh setelah 32 tahun berkuasa. Peristiwa tersebut menandakan ada semangat memperjuangkan kembali demokrasi untuk rakyat," demikian narahubung #GejayanMemanggil, Nailendra, dalam press release berjudul "Kajian, Sikap, dan Press Rilis Aliansi Rakyat Bergerak", Senin (23/9/2019).

Selanjutnya
Halaman
1 2