Angin Kencang di Tegal, Gedung PMI Rusak Tertimpa Pohon Tumbang

Imam Suripto - detikNews
Minggu, 22 Des 2019 21:06 WIB
Hujan disertai angin kencang mengakibatkan gedung PMI Kota Tegal rusak berat tertimpa pohon tumbang, Minggu (22/12/2019). (Foto: Imam Suripto/detikcom)
Tegal - Hujan disertai angin kencang melanda Kota Tegal, Jawa Tengah. Terjangan angin mengakibatkan gedung PMI mengalami rusak berat, sejumlah pohon tumbang dan satu baliho roboh.

Gedung PMI yang terletak di Jalan KS Tubun, Kota Tegal, rusak setelah tertimpa pohon tumbang. Pohon tersebut berdiri di area lapangan tenis RSUD Kardinah.

Kepala Markas PMI Kota Tegal Joko Triatmojo mengatakan, tidak ada korban jiwa pada kejadian tersebut. Namun kerusakan akibat kejadian ini cukup parah.

"Kerusakan gedung PMI Kota Tegal akibat tertimpa pohon cemara tumbang hingga akarnya. Gedung PMI mengalami kerusakan parah pada sebagian aula dan ruang tengah. Beruntung ruang penyimpanan darah selamat," kata Joko, Minggu (22/12/2019).


Pascakejadian ini, pihak PMI langsung mengamankan lemari pendingin (blood bank) dengan menjaga agar aliran listrik tetap mengalir ke ruang penyimpanan darah. Hal ini untuk menjaga agar darah donor yang tersimpan tetap terjaga dari kerusakan akibat kenaikan suhu.

Hujan Angin di Tegal, Gedung PMI Rusak Tertimpa Pohon TumbangBaliho roboh saat hujan disertai angin kencang melanda di Kota Tegal, Minggu (22/12/2019). Foto: Imam Suripto/detikcom

Selain gedung PMI, angin kencang di Kota Tegal juga merobohkan satu papan reklame berukuran 4x8 meter yang berada di Jalan Sultan Agung. Papan tersebut roboh akibat patah pada tiang bagian tengah. Arus lalu lintas sempat terganggu karena sebagian papan jatuh ke bahu jalan. Beruntung tidak menimpa pengguna jalan.

Selain itu, dari pantauan detikcom, sejumlah pohon tumbang di beberapa titik lainnya. Sejumlah rumah juga rusak pada bagian atap. Beberapa rumah yang mengalami kerusakan berada di wilayah Kelurahan Muarareja, Kecamatan Tegal Barat dan di wilayah RT 01 dan RT 05 RW 11 Kelurahan Mintaragen, Tegal Timur.


(rih/rih)