DIY Marak Penangkapan Terduga Teroris, Ini Kata Ketum Muhammadiyah

Usman Hadi - detikNews
Sabtu, 21 Des 2019 23:55 WIB
Haedar Nashir. (Foto: Lisye Sri Rahayu/detikcom)
Yogyakarta - Belakangan ini marak penangkapan terduga teroris oleh Densus 88 Mabes Polri di Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY). Bagaimana respons Ketum PP Muhammadiyah, Haedar Nashir, atas penangkapan tersebut?

"Ada dua ranah yang harus menjadi perhatian. Pertama ranah hukum, jadi tindakan teroris yang menimbulkan kekacauan, bom bunuh diri, ngebom di tempat publik apapun latar belakangnya itu ya harus ditindak secara hukum," jelasnya.

Hal itu disampaikan Haedar kepada wartawan di Kantor PP Muhammadiyah Yogyakarta, di Jalan Cik Ditiro No 23, Kelurahan Terban, Kecamatan Gondokusuman, Kota Yogyakarta, Sabtu (21/12/2019).

"Yang kedua lihat sumber masalah terorisme, di hampir setiap negara itu kompleks. Nah, kan sekarang Indonesia juga sudah melakukan pendekatan soft approach, pendekatan yang melihat terorisme dari banyak sebab, lihat akarnya," lanjutnya.


Menurutnya, dengan menggunakan pendekatan yang tepat dan mengetahui sumber masalahnya, maka pemerintah akan lebih mudah dalam menanggulangi terorisme. Pemecahan atas sumber masalah inilah yang harus dilakukan.

"Kalau sumber masalahnya tidak dipecahkan dan tidak diselesaikan ya sarang (terorisme) itu akan tumbuh," sebutnya.

"Nah, adapun Muhammadiyah maupun saya menawarkan moderasi itu sebagai suatu langkah agar menghadapi radikalisme tidak dengan pendekatan radikal," tuturnya.
Selanjutnya
Halaman
1 2