Sarang Tawon Pengganggu Warga Purworejo Dimusnahkan Petugas

Rinto Heksantoro - detikNews
Sabtu, 21 Des 2019 07:14 WIB
Sarang tawon affinis di Kutoarjo, Purworejo. (Foto: Rinto Heksantoro/detikcom)
Purworejo - Petugas pemadam kebakaran Kabupaten Purworejo, Jawa Tengah, memusnahkan sarang tawon vespa affinis dengan cara dibakar. Sarang dimusnahkan setelah ada laporan beberapa korban yang disengat lebah bahkan hingga tak sadarkan diri.

Operasi Tangkap Tawon (OTT) jenis vespa dilakukan petugas pemadam kebakaram Kabupaten Purworejo pada Jumat (20/12/2019) malam. Dua sarang tawon vespa atau tawon endhas dengan ukuran panjang sekitar 1 meter dan diameter 80 cm yang terletak di Desa Wirun, RT 03/ RW 02, Kecamatan Kutoarjo dimusnahkan dengan cara dibakar.

"Malam ini kami melakukan OTT jenis tawon vespa dengan cara dibakar. Ada dua sarang yang kami musnahkan," kata Kasi Damkar Kabupaten Purworejo, Rubino.


Pemusnahan sengaja dilakukan malam hari karena dirasa lebih aman. Karena tergolong besar, sarang yang berada di atas pohon bambu dan tanaman pagar juga tidak dievakuasi menggunakan karung, melainkan dibakar.

"Ini sarangnya memang cukup besar. Yang satu di atas pohon bambu yang satunya malah di tanaman pagar dan menempel pada tanah, makanya lebih efektif kami bakar, kalau kecil biasanya kami evakuasi pakai karung terus kami semprot dengan obat," lanjutnya.
Sarang Tawon Pengganggu Warga Purworejo Dimusnahkan Petugaspemusnahan sarang tawon affinis di purworejo. (Foto: Rinto Heksantoro/detikcom)


Warga setempat, Wahyudin (46), menuturkan bahwa keberadaan koloni lebah berbahaya itu sangat meresahkan warga bahkan sudah memakan korban sedikitnya 4 warga. Meski tidak ada korban jiwa, namun satu korban dikabarkan hingga jatuh pingsan karena disengat lebah tersebut.

"Sudah ada korban yang disengat anak-anak dua dan orang dewasa dua. Rata-rata disengat bagian kepala. Korban yang anak-anak sehari sudah sembuh, tapi yang orang tua itu bahkan sampai pingsan dan berhari-hari belum sembuh," ucap Wahyudin.




Tonton juga video Petugas BPBD-TNI Turun Tangan Evakuasi Sarang Tawon Vespa di Demak!:

[Gambas:Video 20detik]

(mbr/mbr)