Cerita Warga Sleman yang Melihat Langsung Petir Menyambar Rumahnya

Pradito Rida Pertana - detikNews
Jumat, 20 Des 2019 10:36 WIB
Kondisi rumah Ngadiyono pasc sambaran petir. (Foto: Pradito Rida Pertana/detikcom)
Sleman - Rumah Ngadiyono di Sleman tersambar petir, Kamis (19/12) malam. Selain merusak dapur dan perkakas, Andono (24), anak lelaki Ngadiyono, luka terkena pecahan perkakas yang terlempar. Begini cerita korban saat petir menyambar rumah dan melukainya.

Ngadiyono menuturkan, kejadian sambaran petir itu terjadi sekitar 18.00 WIB petang kemarin di Dusun Klidon, Desa Sukoharjo, Ngaglik, Kabupaten Sleman, DIY. Saat itu dia sedang memperbaiki kandang kambing. Di tengah kesibukannya itu, tiba-tiba terdengar suara keras dari bagian belakang rumahnya.

"Hanya hujan gerimis kecil-kecil, terus pas memperbaiki kandang kambing itu terdengar 'blar' gitu. Lalu anak saya ke keluar rumah dan ada klip, klip, klip (aliran listrik) kayak (api) las itu menjalar di tanah," tutur Ngadiyono saat ditemui di rumahnya, Kamis (19/12) malam.

"Setelah itu rumah saya seperti keluar asap, karena takut saya ngajak tetangga untuk mengecek ke dalam rumah. Ternyata dapur saya rusak," ucapnya.


Tak hanya itu, ternyata anaknya, Andono, mengalami luka pada bagian paha kanan akibat terkena pecahan material yang berasal dari sambaran petir. Kendati demikian, anaknya hanya mengalami luka ringan.

"Anak saya luka sobek di paha (kanan) atas, tadi sudah dibawa ke (RS) Panti Nugraha untuk diobati. Sekarang kondisinya sudah membaik kok," kata Ngadiyono.

Andono mengetahui langsung bagaimana kilatan petir menyambar dapur. Pada saat kejadian, dia tengah berada di dapur hendak memanasi air untuk menyeduh kopi. "Saya tadi itu buat kopi, terus pas mau meletakkan cerek di atas kompor tiba-tiba 'mak klip' gitu Mas, pas di samping saya," katanya.

"Setelah klip itu langsung blank saya, Mas. Putih itu mata saya dan sempat budheg (pekak) karena suara keras tadi. Wong saya keluar rumah nabrak-nabrak dinding," paparnya, Kamis (20/12) malam.



Tonton juga video Peserta Didik Brimob Watukosek Tersambar Petir, 3 Gugur!:


Selanjutnya
Halaman
1 2