Kapolda Jateng Ajak Ormas di Solo Raya Jaga Kedamaian Natal

Angling Adhitya Purbaya - detikNews
Kamis, 19 Des 2019 15:08 WIB
Kapolda Jateng Irjen Rycko Amelza Dahniel (Foto: Eko Susanto/detikcom)
Semarang - Kapolda Jawa Tengah Irjen Ryco Amelza Dahniel mengajak ormas-ormas di seluruh Jawa Tengah, khsususnya di Solo Raya untuk menjaga kedamaian saat Natal. Ryco berharap situasi Natal-Tahun Baru bisa terjaga dan kondusif.

"Ada beberapa ormas di Solo Raya yang memberikan kritik tajam kepada TNI, Polri, Pemerintah. Saya harapkan ormas ini bisa jaga kedamaian dan kesejukan bersama TNI-Polri," kata Ryco usai rapat Forkompimda Jateng jelang Natal dan Tahun Baru di Hotel Patra Semarang, Kamis (19/12/2019).


Dalam paparannya, Ryco menyebut salah satu potensi di kawasan Jateng yakni aksi unjuk rasa mengusung isu SARA. Salah satunya kelompok radikal atau laskar di Solo Raya yang sering melakukan kekerasan atau sweeping, razia, persekusi jalanan hingga membuat masyarakat takut.

Ryco pun mengimbau agar kelompok-kelompok tersebut tidak bertindak ataupun memberikan pernyataan yang meresahkan masyarakat.


"Saya imbau hadapi Natal mari jaga keteduhan, ketenangan. Jangan aksi yang membuat masykarat takut, resah, tidak perlu memberikan pernyataan yang kontra produktif dengan kebahagiaan masyarakat yang ingin diperoleh di pengujung tahun," tegasnya.

Ryco juga menyampaikan apresiasinya untuk ormas yang membantu pengamanan umat Nasrani agar bisa beribadah dengan tenang saat Natal. Dia lalu mencontohkan Banser yang juga membantu pengamanan di gereja-gereja saat Natal.

Simak Video "Kemenhub: Puncak Arus Mudik Natal Mulai Besok"


Selanjutnya
Halaman
1 2