Kapolda Jateng Jelang Nataru: Rawan di Semarang, Solo, Banyumas

Angling Adhitya Purbaya - detikNews
Kamis, 19 Des 2019 11:35 WIB
Kapolda Jateng pimpin apel Gelar Pasukan Operasi Lilin Candi. (Foto: Angling AP/detikcom )
Semarang -

Sebanyak 20 ribu personel kepolisian dan 5 ribu personel TNI di Jawa Tengah akan bersiaga selama massa Hari Raya Natal dan Tahun Baru 2020. Ada 138 gereja di Jateng yang menjadi atensi pengamanan.

Kapolda Jateng, Irjen (Pol) Rycko Amelza Dahniel, mengatakan 2/3 kekuatan Polda Jawa Tengah dikerahkan atau sebanyak 20 ribu personel. Selain itu ada tambahan dari TNI dan instansi terkait, termasuk ormas.

"Ada 20 ribu lebih ditambah 9.000 dari TNI dan instansi terkait," kata Rycko usai Apel Gelar Pasukan Operasi Lilin Candi di Lapangan Pancasila Simpanglima Semarang, Kamis (19/12/2019).


Ia menjelaskan ada hampir 3.000 gereja di Jawa Tengah dan 2.800 di antaranya melaksanakan ibadah saat Natal. Dalam pengamanan, ada yang menjadi atensi yaitu gereja dengan jemaat banyak atau kegiatan banyak.

"Ada beberapa gereja jadi atensi kita, kriterianya memiliki jamaat besar, kemudian yang melakukan kegiatan ibadah atau misa yang banyak. Ada 138 gereja yang memiliki jamaah besar dan kegiatan banyak," jelasnya.


Kapolda juga mengapresiasi Banser yang ikut membantu pengamanan di Gereja. Ia sudah langsung bertemu dengan Ketum PP GP Ansor Gus Yaqut.

"Sudah bertemu Gus Yaqut, kerahkan kekuatan Banser untuk jaga gereja. Saya sampaikan apresiasi tinggi bentuk toleransi dan kerukunan umat beragama," ujarnya.

Di mana daerah rawan di Jateng?

Selanjutnya
Halaman
1 2