Pilkada Solo

Kalah Survei dari Purnomo, Gerindra Masih Yakin Duet Gibran-Paundra

Bayu Ardi Isnanto - detikNews
Selasa, 17 Des 2019 19:50 WIB
Foto: Gibran Rakabuming/dok.ist
Solo - Gerindra Solo membela Gibran Rakabuming Raka yang elektabilitasnya masih kalah dari rivalnya Achmad Purnomo di Pilkada Solo. Gerindra memastikan bakal tetap mendukung Gibran maju Cawalkot Solo.

"Kami tetap mendorong pemimpin dari anak muda seperti Mas Gibran. Dengan hasil seperti ini justru akan memacu anak muda untuk semakin bekerja keras," kata Ketua DPC Gerindra Surakarta, Ardianto Kuswinarno saat dihubungi detikcom, Selasa (17/12/2019).


Ardi mengatakan pihaknya tetap ingin memasangkan Gibran dengan cucu proklamator Bung Karno, Paundrakarna Sukmaputra Jiwanegara. Meskipun, nama Paundra tidak masuk tiga besar versi survei Median.

"Kami tetap ingin memasangkan dengan Paundra. Dalam waktu dekat saya ingin mempertemukan Mas Gibran dengan Mas Paundra agar bisa berkomunikasi intens. Saya sudah berkomunikasi timnya Mas Gibran," tuturnya.


Ardi pun menilai wajar jika Purnomo yang menjabat sebagai wakil wali kota Solo unggul di survei. Dia membandingkan kondisi serupa saat ayah Gibran, Joko Widodo maju Pilgub DKI Jakarta 2012 silam.

"Pak Pur kan sudah dua kali menjabat, wajar kalau lebih unggul. Dulu bapaknya Mas Gibran kan juga kalah di survei dengan Foke (Fauzi Bowo), tapi akhirnya menang," ujarnya.


Ardi mengatakan Gibran masih punya waktu untuk meningkatkan popularitas dan elektabilitasnya. Dia yakin Gibran bakal membuat banyak gebrakan.

"Ini kan masih lama, masih banyak waktu buat Mas Gibran. Hasil ini termasuk sudah bagus, masih akan ada gebrakan-gebrakan lagi," katanya.

Sebelumnya, hasil survei Median menyatakan elektabilitas antara Purnomo dan Gibran hanya selisih 7 persen. Elektabilitas Gibran berada di angka 36,7 persen.

"Pemilih PDIP relatif terbelah pilihannya antara Achmad Purnomo (43,7 persen) versus Gibran (36,7 persen)," kata Rico di Restoran Bumbu Desa, Jakarta Pusat, Senin (16/12).

Angka tersebut merupakan hasil survei Median yang dilakukan pada 3 Desember-9 Desember yang lalu. Survei ini melibatkan 800 responden dengan margin of error +/- 3,5 persen pada tingkat kepercayaan 95 persen. Sampel dipilih secara random dengan teknik multistage random sampling dan proporsional atas populasi kecamatan dan gender.


Tonton juga Gibran-Bobby Disebut Dinasti Politik, Puan: Itu Hak Warga Negara :

[Gambas:Video 20detik]

(ams/sip)