Round-Up

Senyum Roy Suryo yang Punya 'Hutan' Parabola Sejak 25 Tahun Lalu

Tim detikcom - detikNews
Selasa, 17 Des 2019 07:19 WIB
Penampakan parabola di rumah Roy Suryo di Sleman, Senin (16/12/2019). (Pradito Rida Pertana/detikcom)
Sleman - Foto rumah milik mantan Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Roy Suryo viral di media sosial. Sebab, foto itu menunjukkan ada banyak parabola yang terpasang di rumah Roy Suryo.

Foto itu salah satunya diunggah di akun Instagram @mejakerjaku dengan sebagian caption:

"Gimana pendapatmu? Sebuah gambar yang memperlihatkan rumah yang diketahui milik Roy Suryo viral di media sosial Twitter."

detikcom kemudian menyambangi kediaman Roy di Padukuhan Kutu Dukuh, Desa Sinduadi, Kecamatan Mlati, Kabupaten Sleman. Tampak di bagian atap rumah berlantai dua itu dipenuhi belasan parabola dengan berbagai ukuran. Jumlah parabola yang 12 unit.


Roy menjelaskan parabola-parabola itu sudah lama dipasang di rumahnya.

"Sebenarnya parabola-parabola itu sudah ada di rumah saya, semenjak sekitar 25 tahun lalu, lho," kata Roy melalui pesan singkat kepada detikcom, Senin (16/12/2019).

Roy justru mengaku heran mengapa 'hutan' parabolanya baru viral akhir-akhir ini. "Kok baru viral sekarang?" ujarnya.


Senyum Roy Suryo yang Punya 'Hutan' Parabola Sejak 25 Tahun LaluFoto: Pradito Rida Pertana/detikcom

Politikus Partai Demokrat itu menyebutkan parabolanya hingga kini masih aktif dan memiliki fungsi masing-masing. Setiap parabola, disebutnya, terhubung dengan berbagai satelit.


"Dan itu bukan hiasan atau dekorasi lho, karena semua (parabola yang dipasang di rumahnya) ada fungsinya. Semua parabola masih aktif sampai sekarang, tapi ada satu yang lagi diperbaiki mounting-nya karena antisipasi bahaya angin akhir-akhir ini," jelasnya.

"Fungsi (parabola) memang berbeda-beda, tergantung satelit dan data yang ada di dalamnya. Tetapi, dulu pertama kali yang dipasang memang parabola dengan LNB (low noise blockdown-converter) untuk siaran-siaran TV dan radio mancanegara, cuma sekarang fungsinya sudah banyak berkembang," ujarnya.



Tonton juga video Polres Jaksel Sarankan Pelapor Roy Suryo Lapor ke Tipikor:


Selanjutnya
Halaman
1 2