Desa di DIY Jadi Kalurahan, Kemendes Kaji Alokasi Anggaran

Usman Hadi - detikNews
Sabtu, 14 Des 2019 21:56 WIB
Sekjen Kemendes PDTT, Anwar Sanusi. Foto: Usman Hadi/detikcom
Sekjen Kemendes PDTT, Anwar Sanusi. Foto: Usman Hadi/detikcom
Sleman - Kemendes PDTT akan mengkaji perubahan nomenklatur desa menjadi kalurahan di DIY. Langkah itu dilakukan untuk melihat apakah kalurahan di DIY masih berhak mendapat dana desa atau tidak.

"Iya (akan dikaji), kita mengecek, mengkaji lah. Kami kerjasama dengan Kementerian Dalam Negeri, terutama kan ini yang terkait dengan urusan pemerintahan," kata Sekjen Kemendes PDTT, Anwar Sanusi di Balai Senat UGM, Sleman, DI Yogyakarta, Sabtu (14/12/2019).

"Urusan pemerintahan kita ingin mendapatkan fatwanya, mendapatkan opininya (Kemendagri). Nah setelah itu kita akan merekomendasikan untuk disalurkan dana desanya, tentunya setelah persyaratan administratif sudah terpenuhi," lanjutnya.

Anwar menuturkan, rencana pengakajian nomenklatur itu akan dilakukan Kemendes PDTT sebelum tutup tahun 2019. Sebab pada awal tahun 2020 sebagian anggaran dana desa sudah harus didistribusikan ke desa-desa seluruh tanah air.


"Itu (perubahan nomenklatur desa menjadi kalurahan di DIY) akan segera kita kaji, dan saya rasa tentunya Kemendagri juga sudah memiliki semacam pakem. Toh di tempat lain pun penyebutannya berbeda-beda juga mendapatkan jatah," tuturnya.

"Saya akan tanya kepada Kemendagri, kira-kira bagaimana tentang Yogyakarta (DIY). Asal tidak merancaukan istilahnya, karena kita selama ini membedakan ya antara dana desa dengan dana kelurahan," sambungnya.

Selanjutnya
Halaman
1 2