Pengumuman! KA Batara Kresna Solo-Wonogiri Tak Beroperasi 3 Hari

Bayu Ardi Isnanto - detikNews
Sabtu, 14 Des 2019 14:57 WIB
Ilustrasi kereta api (Foto: PT KAI/Istimewa)
Ilustrasi kereta api (Foto: PT KAI/Istimewa)
Solo - Kereta Api (KA) Batara Kresna yang menghubungkan rute Solo-Wonogiri tak beroperasi selama tiga hari pada 14-16 Desember 2019. Alasannya, kereta perintis itu sedang memasuki masa perawatan.

Manajer Humas PT KAI Daop 6, Eko Budiyanto memastikan KA Batara Kresna bukan mengalami kerusakan. PT KAI hanya melakukan servis yang sudah dilakukan secara berkala.

"Seperti biasanya kita lakukan perawatan rutin kepada KA Batara Kresna, bukan rusak. Kita secara berkala melakukan perawatan," kata Eko saat dihubungi detikcom, Sabtu (14/12/2019).



Eko mengatakan perawatan dilakukan agar perjalanan KA tidak membahayakan penumpang dan masyarakat. Dikhawatirkan justru komponen akan cepat rusak jika tak dilakukan perawatan.

"Seperti sepeda motor, servis, ganti oli, harus dilakukan. Kalau tidak malah komponennya cepat rusak. PT KAI berpedoman bahwa keselamatan nomor satu," ujarnya.
Pengumuman! KA Batara Kresna Solo-Wonogiri Tak Beroperasi 3 HariFoto: Pengumuman KA Batara Kresna tak beroperasi 3 hari/dok.istimea

Meski begitu, Eko menyebut tak ada kereta pengganti untuk mengisi rute ini. Sebab, saat ini operasional Daop 6 sedang penuh.

"Sekarang Daop 6 ini full operasi, sehingga tidak bisa mengganti kereta," ujar dia.

Dia berjanji akan menyelesaikan perawatan tepat waktu. PT KAI pun meminta maaf atas kondisi tersebut.

"Secepatnya kita selesaikan. Apalagi ini kan sudah mau liburan, perawatan diperlukan agar bisa dipakai liburan. Saat ini kami mohon maaf atas ketidaknyamanan tersebut," pungkasnya.




Simak juga video 14 Tahun Tak Beroperasi, Stasiun Gambringan Grobogan Aktif Lagi:

[Gambas:Video 20detik]



(bai/ams)