Pakde yang ASN Lepas Gibran Daftar Pilkada, Pemkot: Akan Diklarifikasi

Bayu Ardi Isnanto - detikNews
Jumat, 13 Des 2019 16:21 WIB
Haryanto (bertopi) saat menghadiri pelepasan Gibran Rakabuming mendaftar maju pilkada Solo. Foto: Istimewa
Haryanto (bertopi) saat menghadiri pelepasan Gibran Rakabuming mendaftar maju pilkada Solo. Foto: Istimewa
Solo - Kakak dari ibu negara Iriana, Haryanto atau Anto terlihat di acara pemberangkatan Gibran Rakabuming Raka menuju DPD PDIP Jawa Tengah untuk mendaftar Pilkada Solo, kemarin. Padahal, Anto kini masih berstatus Aparatur Sipil Negara (ASN).

Anto tampak mendampingi Iriana yang melepas Gibran di Graha Saba Buana, Solo Kamis (12/12). Dia terlihat mengenakan kemeja Indonesia Raya, sama dengan yang dipakai para relawan. Kemeja itu menjadi pakaian yang identik dengan pencalonan Gibran di Pilkada Solo.

Seperti diketahui, Pakde Gibran ini merupakan guru di SMPN 10 Surakarta. Namun dia terlihat dalam acara Gibran pada hari aktif kerja.

Saat dimintai konfirmasi atas kehadiran Anto di acara Gibran kemarin, Sekretaris Daerah (Sekda) Surakarta, Ahyani, mengaku belum tahu. Jika benar, pihaknya akan meminta klarifikasi kepada Anto terlebih dahulu.


"Kalau PNS di jam itu kan harusnya bertugas. Itu cuti atau apa saya belum tahu, harus diklarifikasi dulu," kata Ahyani kepada wartawan di Balai Kota Surakarta, Jumat (13/12/2019).

Ahyani belum memastikan terkait sanksi yang mungkin diberikan kepada Anto. Dia mengaku harus berkoordinasi dengan pihak lain, seperti Bawaslu dan Komite ASN.

"Saya belum tahu aturan secara detail, kan ada Bawaslu juga. Masalahnya ini belum masa kampanye," ujarnya.

Selanjutnya
Halaman
1 2