Round-Up

Panggung Berkarpet Merah untuk Gibran di Kantor PDIP Jateng

Tim detikcom - detikNews
Kamis, 12 Des 2019 20:27 WIB
Gibran Rakabuming Raka berorasi setelah mendaftar Wali Kota Solo di DPD PDIP Jateng, Kamis (12/12/2019). (Foto: dok. Istimewa)
Gibran Rakabuming Raka berorasi setelah mendaftar Wali Kota Solo di DPD PDIP Jateng, Kamis (12/12/2019). (Foto: dok. Istimewa)
Semarang - Gibran Rakabuming Raka resmi mendaftar sebagai bakal calon Wali Kota Solo periode 2020-2025 melalui DPD PDIP Jawa Tengah.

Setelah mendaftar di kantor DPD PDIP Jawa Tengah, Jl Brigjen Katamso, Semarang, Gibran kemudian berpidato di atas panggung berkarpet merah. Gibran berpidato dengan penuh semangat dan berapi-api di atas panggung berukuran 5x2 meter yang ada di muka gedung DPD PDIP Jateng.

"Hari ini saya sudah sah, bakal calon Wali Kota Solo untuk tahun 2020-2025. Terima kasih kepada jajaran pengurus DPD PDIP yang sudah menerima saya dengan baik. Saya sangat berterima kasih sekali kepada teman-teman relawan yang telah mengorbankan waktu kerjanya meninggalkan keluarga untuk mengantar saya hari ini mendaftar di DPD Jateng. Mohon maaf saya tidak bisa membalas dengan materi," ujar Gibran, Kamis (12/12/2019).


DPP PDIP memastikan tak ada perlakuan khusus kepada putra sulung Presiden Joko Widodo (Jokowi) tersebut. Sekretaris Jenderal DPP PDIP Hasto Kristiyanto memastikan partainya tidak akan memberikan perlakuan khusus kepada Gibran.

"Tidak ada perlakuan khusus (terhadap Gibran), semuanya sama perlakuannya," kata Hasto di Sportorium UMY, Kamis (12/12/2019).

Hasto juga yakin suara konstituen PDIP di Solo tak terbelah dalam menyikapi dinamika Pilkada Solo yang semakin panas.

"Oh, nggak, karena tradisi PDI Perjuangan, begitu keputusan diambil, semua solid," ujar Hasto menjawab pertanyaan detikcom mengenai potensi suara konstituen PDIP di Pilkada Solo terbelah.

Seperti diketahui, dinamika Pilkada Solo semakin panas. Daerah yang dikenal sebagai kandang banteng itu diramaikan terkait pro-kontra pencalonan Gibran. DPC PDIP Solo hanya menugaskan Purnomo-Teguh sesuai hasil penjaringan tertutup yang dilakukan oleh partai. Namun belakangan Gibran mendaftarkan diri lewat DPD PDIP Jateng.


Ketua DPP Bidang Polhukam PDIP Puan Maharani menegaskan Gibran mendaftar pilkada merupakan hak politik setiap individu.

"Ini kan hak politik individu dan hak politik dari Gibran untuk bisa maju menjadi salah satu calon wali kota yang ada di Solo. Jadi ya selama itu mengikuti mekanisme internal yang ada di PDIP, ya kami persilakan yang bersangkutan mengikuti mekanisme yang ada di PDIP," kata Puan di kompleks parlemen, Jakarta, Kamis (12/12/2019).

Ketika ditanyakan apakah ada perhatian khusus dari Ketum PDIP Megawati Soekarnoputri terkait pendaftaran Gibran, Ketua DPR ini mengatakan mekanisme internal PDIP berjalan normatif. Artinya, kata Puan, Gibran harus mengikuti seluruh mekanisme PDIP.


"Mekanisme kami minta dilakukan secara normatif. Artinya, harus ikut semua proses yang ada di internal yang kami lihat lagi bagaimana nantinya. Yang penting harus daftar dulu karena kalau nggak daftar nggak bisa ikut proses," ujar putri Megawati tersebut.

Simak Video "Gibran Resmi Daftar Pilwalkot, Ini Respons Ketua PDIP Solo"


Selanjutnya
Halaman
1 2 3