Pro-Kontra Pencalonan Gibran, PDIP Yakin Konstituen Solo Tetap Solid

Usman Hadi - detikNews
Kamis, 12 Des 2019 16:27 WIB
Hasto Kristiyanto (Usman Hadi/detikcom)
Yogyakarta - Sekretaris Jenderal DPP PDIP Hasto Kristiyanto yakin suara konstituen PDIP di Solo tak terbelah dalam menyikapi dinamika Pilkada Solo yang semakin panas.

"Oh, nggak, karena tradisi PDI Perjuangan, begitu keputusan diambil, semua solid," ujar Hasto menjawab pertanyaan detikcom mengenai potensi suara konstituen PDIP di Pilkada Solo terbelah.

Hal itu dikatakan Hasto seusai pengukuhan guru besar bidang sosiologi kepada Ketum PP Muhammadiyah Haedar Nashir di Sportorium UMY, Kamis (12/12/2019).


Seperti diketahui, dinamika Pilkada Solo semakin panas. Daerah yang dikenal sebagai kandang banteng itu diramaikan dinamika politik yang memanas menjelang pilkada, terutama terkait pro-kontra pencalonan Gibran Rakabuming Raka.

DPC PDIP Solo hanya menugaskan Purnomo-Teguh sesuai hasil penjaringan tertutup yang dilakukan oleh partai. Namun belakangan Gibran Rakabuming Raka mendaftarkan diri lewat DPD PDIP Jateng.


Hasto memastikan partainya tidak akan memberikan perlakuan khusus kepada putra sulung Presiden Jokowi, yang mendaftar sebagai bakal calon Wali Kota Solo ke DPD PDIP Jateng, itu.

"Tidak ada perlakuan khusus (terhadap Gibran), semuanya sama perlakuannya," tegasnya.

Simak Video "Gibran Daftar Berbaju PDIP, Dinyatakan Sah Jadi Bakal Cawalkot Solo"

[Gambas:Video 20detik]

(ush/mbr)