Deretan Tiang Listrik-Telepon Nyaris Roboh Diterjang Angin di Pati

Arif Syaefudin - detikNews
Rabu, 11 Des 2019 20:24 WIB
Deretan tiang listrik-telepon nyaris roboh diterjang angin di Pati, Rabu (11/12/2019). (Foto: Arif Syaefudin/detikcom)
Deretan tiang listrik-telepon nyaris roboh diterjang angin di Pati, Rabu (11/12/2019). (Foto: Arif Syaefudin/detikcom)
Pati - Sembilan tiang listrik dan delapan tiang jaringan telepon nyaris roboh setelah diterjang hujan deras disertai angin kencang di Kabupaten Pati. Rumah warga juga dilaporkan rusak dan pohon bertumbangan.

Plt Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Pati, Hadi Santosa, mengatakan peristiwa tiang listrik dan telepon yang nyaris roboh itu terjadi di Dukuh Sampang, Desa Tondomulyo, Kecamatan Jakenan.

"Terkait hal ini, Babinsa dan perangkat desa telah melaporkannya kepada PLN," katanya, Rabu (11/12/2019).


Tiang listrik itu kondisinya dalam posisi miring hingga 30 derajat. Beruntung masih ditopang talut yang berada tepat di sebelahnya.

Warga Dukuh Sampang, Priyati, mengatakan sebelumnya hujan deras disertai angin kencang terjadi pada pukul 12.30 WIB. Tak lama, tiang-tiang itu miring dan nyaris roboh.

"Angin kencang sekali, tiang miring itu jam 12.30 WIB. Saya langsung masuk ke dalam rumah karena takut," ujarnya.

Meski tidak terjadi ledakan, tetapi warga sekitar sempat was-was adanya korsleting listrik. Mengingat sebagian kabel menyentuh tanah yang basah.


Informasi dari BPBD Pati, wilayah terdampak hujan angin yakni di Kecamatan Batangan (Desa Tompomulyo), Kecamatan Jakenan (Desa Ngastorejo, Tondomulyo, Karangrowo), Kecamatan Sukolilo (Desa Kasihan), dan Kecamatan Jaken (Desa Sriwedari).

Adapun di Desa Karangrowo, Jakenan, selain dilaporkan rumah warga mengalami kerusakan pada bagian atap, juga ada satu rumah usaha pembesaran ayam potong berkapasitas 3.500 ekor yang roboh.

(rih/ams)