Ada 3 Jenis Kobra, Mana yang Teror Warung Mi Ayam di Klaten versi LIPI?

Achmad Syauqi - detikNews
Rabu, 11 Des 2019 10:53 WIB
Ular yang ditangkan di warung mi ayam di Klaten. (Foto: Achmad Syauqi/ detikcom)
Klaten - Belasan ekor ular yang masuk warung mi ayam milik Sarmiati di Karangdowo, Klaten, diyakini petugas Damkar Kabupaten Klaten merupakan jenis king cobra. Namun peneliti reptil dan amphibi dari Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) meyakini ular tersebut jenis kobra Jawa.

"Kobra Jawa, bukan king cobra," kata ungkap peneliti Herpetologi Bidang Reptil dan Amphibi LIPI pada detikcom, Amir Hamidy, Rabu (11/12/2019). Amir menegaskan dia yakin ular itu bukan king cobra setelah melihat foto ular-ular yang ditangkap petugas di warung Sarmiati, beberapa hari lalu.


Amir menegaskan bahwa ada tiga jenis ular kobra. Ketiganya adalah king cobra (ophiophagus hannah), kobra Jawa (naja sputatrix) dan kobra Sumatera (naja sumatrana). Dari tiga jenis itu, kata Amir, hanya ada dua jenis yang ada di Indonesia.

"Kobra di Indonesia hanya ada dua jenis, yakni kobra Jawa (naja sputatrix) dan kobra Sumatera (naja sumatrana)," tambahnya.

Kedua jenis itu, lanjut Amir, sangat mirip. Hanya memiliki area persebarannya saja yang berbeda. Naja sputatrix terdapat di Jawa, Madura, Bali dan Nusa Tenggara (Flores). Sedangkan naja sumatrana ada di Sumatera, Kalimantan dan di Malaysia.



Teror Kobra di Citayam Berlanjut Walau 30 Anaknya Telah Ditangkap:


selanjutnya Selanjutnya
Halaman
1 2