Angin Kencang, Sejumlah Pohon di Semarang Tumbang

Angling Adhitya Purbaya - detikNews
Selasa, 10 Des 2019 17:40 WIB
Pohon tumbang di Semarang, Selasa (10/12/2019). (Angling/detikcom)
Pohon tumbang di Semarang, Selasa (10/12/2019). (Angling/detikcom)
Jakarta - Angin kencang yang melanda Kota Semarang hari ini membuat sejumlah pohon tumbang. Salah satunya di kawasan Kota Lama Semarang.

Pohon di Jalan Cenderawasih, Kota Lama, itu dahannya patah dan menutup jalan sehingga akses tertutup. Tiang kabel telepon pun tertimpa pohon hingga bengkok.

"Sekitar pukul 15.30 WIB tadi angin kenceng, langsung nutup jalan. Nggak hujan, setelah itu hujan sedikit, nggak deras," kata pegawai toko bahan kue di dekat lokasi, Mustaqim, Selasa (10/12/2019).


Pegawai lainnya, Maria, langsung menghubungi call center 112 untuk meminta penanganan. Sekitar 10 menit kemudian ada petugas Dinas Perumahan dan Kawasan Permukiman datang bersama mobil yang membawa peralatan untuk memotong pohon yang menghalangi jalan itu.

"Cepat datangnya, motong-nya juga cepat, sekitar 30 menit," ujar Maria.

Saat ini lalu lintas sudah lancar karena dahan pohon yang dipotong sudah disingkirkan dari pinggir jalan. Dari informasi yang diperoleh detikcom, pohon tumbang terjadi di sejumlah tempat di Kota Semarang.

Selain di Jalan Cenderawasih, pohon tumbang terjadi di Jalan Brumbungan, Semarang Tengah; daerah Pakintelan Gunungpati, Tanah Putih, dan Gondomono.

"Untuk sore kelihatan banyak laporan yang pohon tumbang, akan tetapi belum direkap semua," kata Kepala Dinas Perumahan dan Kawasan Permukiman Disperkim Kota Semarang Ali saat dimintai konfirmasi.


Ali menjelaskan pihaknya bekerja sama dengan BPBD dan masyarakat untuk menangani pohon tumbang itu. Selain itu, upaya antisipasi dengan pemangkasan dahan maupun ranting dilakukan dan diharapkan bisa mengurangi jumlah pohon tumbang.

"Yang pertama, kami melakukan perempelan (pemangkasan) sesuai data yang ada untuk njagani supaya tidak terjadi tumbang pada saat terjadi hujan deras ditambah angin dan sebetulnya kami melakukan di beberapa lokasi mudah-mudahan bisa mengurangi terjadi tumbang," jelasnya.




Tonton juga video 3 Desa di Kudus Diterjang Angin Kencang, Puluhan Rumah Rusak:

[Gambas:Video 20detik]



(alg/ams)