Hore! 2020 Bakal Bebas Kabel Gelantungan di Tugu Jogja

Usman Hadi - detikNews
Senin, 09 Des 2019 14:40 WIB
Tugu Jogja (Foto: Usman Hadi/detikcom)
Yogyakarta - Pemerintah Kota (Pemkot) Yogyakarta berencana mempercantik kawasan Tugu Pal Putih Yogyakarta atau yang dikenal dengan Tugu Jogja. Rencananya 2020 mendatang Pemkot Yogyakarta akan memindahkan seluruh kabel fiber optik (FO) dan PLN di kawasan tersebut ke bawah tanah.

"Intinya dhawuh (perintah) Ngarso Dalem, Gubernur (DIY), wali kota di atas Tugu semuanya harus clean tidak ada kabel apapun di sana, insyaallah akan terwujud di 2020," ujar Kepala DPUPKP Kota Yogyakarta Agus Tri Haryono kepada wartawan di Jl Jenderal Sudirman, Yogyakarta, Senin (9/12/2019).


Ducting merupakan proyek memindahkan saluran kabel fiber optik (FO) dan PLN yang masih memakai sistem kabel udara dengan tumpuan tiang ke bawah tanah. Proyek ini disebut Agus untuk mempercantik wajah Kota Yogyakarta.

Pemkot Yogyakarta tengah mengebut proyek ducting di Jalan Jenderal Sudirman yang dijadwalkan rampung pada Senin (22/12) mendatang. Namun, proyek ini hanya untuk memindahkan kabel FO saja, tidak untuk kabel PLN.

Proyek ducting di Jalan Jenderal Sudirman ini dimulai dari simpang empat Gramedia hingga Jembatan Gondolayu. Sementara untuk tahun depan proyek ini akan dilanjutkan ke Jalan Diponegoro, Jalan Mangkubumi, dan Jalan AM Sangaji.

"Nanti tahun 2020 (proyek ducting) kita lanjutkan di sana dari Gondolayu sampai dengan Tugu. (Kemudian) 100 meter ke Diponegoro juga Mangkubumi ya mungkin 100 meter, dan mungkin di AM Sangaji 100 meter," paparnya.


Proyek ducting di kawasan Tugu Pal Putih Yogyakarta akan berbeda dengan proyek ducting di Jalan Jenderal Sudirman. Jika di Jalan Jenderal Sudirman proyek ducting masih menyisakan kabel PLN, maka di kawasan Tugu semua kabel akan diturunkan.

"Rencana (proyek ducting) tahun depan itu Mangkubumi. Pokoknya semua kabel optik kita turunkan, dan PLN juga turun yang di sana. Kalau ini (proyek ducting di Jalan Jenderal Sudirman kabel PLN ) kan belum (diturunkan)," ungkap Agus.

Setelah ducting di kawasan Tugu Pal Putih Yogyakarta selesai, Pemkot Yogyakarta akan melanjutkan proyek ini di sepanjang Jalan Urip Sumoharjo Yogyakarta. "Tinggal nanti 2021 kami akan menata ini sampai ke arah Urip Sumoharjo," tutupnya. (ush/ams)