Fenomena Matahari Bercincin Hiasi Langit Purworejo Siang Ini

Rinto Heksantoro - detikNews
Minggu, 08 Des 2019 12:56 WIB
Halo matahari di Purworejo. (Foto: Rinto Heksantoro/detikcom)
Halo matahari di Purworejo. (Foto: Rinto Heksantoro/detikcom)
purworejo - Matahari dengan cincin pelangi atau halo matahari yang mengelilinginya tampak di langit Kabupaten Purworejo, Jawa Tengah, siang ini. Warga pun beramai-ramai mengabadikan peristiwa langka itu dengan kamera ponsel.

Peristiwa unik itu terjadi pada Minggu (8/12/2019) siang sekitar pukul 12.00 wib. Sontak fenomena alam itu menjadi tontonan warga yang kemudian beramai-ramai mengabadikan momen tersebut dengan kamera ponselnya.

Matahari yang bersinar cerah dengan sedikit awan putih menjadi lebih cantik ketika dikelilingi cincin pelangi. Mereka yang penasaran ada yang mencoba melihat langsung dengan mata telanjang meski terik menyengat.

"Saat ini matahari dikelilingi cincin pelangi, bagus sekali dan langsung saya foto-foto karena ini momen langka," kata seorang warga Kelurahan Cangkrep Lor, Kecamatan Purworejo, Nurwendo Aji Kesumo.
Fenomena Matahari Bercincin Hiasi Langit Purworejo Siang IniHalo matahari di Purworejo. (Foto: Rinto Heksantoro/detikcom)


Sementara itu, warga lain Desy Wuriyanti (35) juga tak henti-hentinya memainkan kamera ponselnya untuk mengabadikan momen langka itu. Cincin besar yang mengelilingi matahari tepat di atas kepalanya membuat ia terpana.

"Bagus banget, tapi kalau lihat langsung saya nggak kuat karena panas. Saya coba lihat pakai kamera HP dan saya foto-foto juga," ucapnya.

Hingga pukul 12.40 wib, pemandangan itu masih nampak jelas di atas langit Purworejo.


Tonton juga NASA Detik-detik Merkurius Lintasi Matahari :

[Gambas:Video 20detik]

(mbr/mbr)