Disengat Tawon Vespa, Seorang Warga Klaten Dilarikan ke RS

Achmad Syauqi - detikNews
Kamis, 05 Des 2019 18:25 WIB
Tawon Vespa di Kudus. (Foto: Akrom Hazami/detikcom)
Tawon Vespa di Kudus. (Foto: Akrom Hazami/detikcom)
Klaten - Kenceng Dwijo Sumarto (60), warga Dusun Mardirejo RT 8/RW 3, Desa Kalikebo, Kecamatan Trucuk, Klaten, dilarikan ke RSU Islam Klaten. Korban menjalani rawat inap setelah disengat tawon Vespa affinis atau tawon ndhas.

"Korban masih dirawat di RSU. Kejadian disengat tawonnya hari Rabu (4/12/2019) siang," kata Kepala Desa Kalikebo, Purwanto, saat dihubungi detikcom, Kamis (5/12/2019).


Purwanto menjelaskan, awalnya korban hendak membenahi atap rumah pada pukul 14.00 WIB. Tanpa diduga, di salah satu kayu atap ada sarang tawon Vespa yang cukup besar. Tanpa sengaja, sarang tersentuh korban sehingga tawon berhamburan. Korban yang tidak siap dan tidak mengenakan pengaman langsung diserang di bagian wajah dan leher.

Setelah peristiwa itu, korban merasakan demam dan bengkak pada tubuhnya. Pihak keluarga kemudian membawanya ke UGD RSU Islam dan dirawat inap.

"Kondisinya terus membaik, tidak muntah," jelas Purwanto.

Untuk sementara, sarang tawon di rumah korban masih dibiarkan. Namun pemerintah desa dan keluarga sudah meminta bantuan relawan untuk menangani.

"Kalau sembarangan kami khawatirkan malah menyerang. Ini tinggal menunggu relawan," imbuhnya.
Selanjutnya
Halaman
1 2