Diduga Keracunan Makanan, Puluhan Karyawan Pabrik di Sleman Dilarikan ke RS

ADVERTISEMENT

Diduga Keracunan Makanan, Puluhan Karyawan Pabrik di Sleman Dilarikan ke RS

Usman Hadi - detikNews
Kamis, 05 Des 2019 16:26 WIB
Puluhan karyawan pabrik diduga keracunan makanan. (Usman Hadi/detikcom)
Sleman - Puluhan karyawan pabrik di Sleman dilarikan ke RS Panti Nugroho, Sleman, karena diduga mengalami keracunan makanan. Kini kondisi mereka sudah membaik dan sebagian sudah meninggalkan RS.

"Saat ini kondisinya semuanya terbilang stabil. Ada beberapa yang masih dalam pengawasan kami, tapi kondisinya tidak ada yang sangat buruk. Semuanya sangat stabil," jelas dokter umum RS Panti Nugroho, dr Lilyana, Kamis (5/12/2019).

Lilyana menjelaskan puluhan pasien itu berdatangan ke RS Panti Nugroho sekitar pukul 13.00 WIB. Awalnya hanya 10 pasien yang diantar menggunakan mobil, namun ternyata jumlah pasien terus bertambah hingga sekitar 70 orang.


"Pasien rata-rata datang dengan keluhan pusing, mual, dan muntah. Tapi rata-rata kondisi pasien sampai di sini cukup baik dan kami segera memberikan penanganan pertama sesuai dengan keluhan pasien," tuturnya.

Lilyana belum bisa memastikan penyebab puluhan karyawan pabrik garmen itu mengalami mual-mual. Namun, berdasarkan keterangan yang diperoleh tim dokter, mereka muntah setelah memakan hidangan katering.

"Saat ini kami belum bisa memastikan (karena apa), Pak. Karena mungkin masih akan ada beberapa pemeriksaan lain yang mungkin akan menunjang ke arah sana," paparnya.


"Tapi sementara ini dari pemeriksaan dan dari yang kami tanyakan anamnesa kepada pasiennya, pasien mengalami keluhan tersebut sesudah makan makanan dari katering dari instansinya," lanjutnya.

Berdasarkan pantauan di RS Panti Nugroho, beberapa karyawan masih menjalani perawatan medis. Namun beberapa di antaranya sudah meninggalkan RS setelah kondisinya membaik. (ush/sip)


ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT