detikNews
Senin 02 Desember 2019, 17:45 WIB

Polisi Ringkus Eks Pegawai Perhutani Terkait Illegal Logging di Blora

Arif Syaefudin - detikNews
Polisi Ringkus Eks Pegawai Perhutani Terkait Illegal Logging di Blora Polisi ringkus lima orang terkait kasus illegal logging di Blora. Satu di antaranya eks pegawai Perhutani, Senin (2/12/2019). Foto: Arif Syaefudin/detikcom
Blora - Mantan pegawai Perhutani di Kabupaten Blora berinisial BD diringkus aparat kepolisian terkait kasus penebangan liar atau illegal logging di wilayah hutan Desa Cabak, tepatnya di petak 7091 RPH Cabak, BKPH Cabak, Blora.

BD ditangkap bersama dengan empat orang lainnya, masing-masing berinisial S, H, dan OB ketiganya warga Blora serta L warga Rembang.

Kapolres Blora AKBP Antonius Anang mengatakan, kelima tersangka memiliki peran masing-masing saat menjalankan aksi yang kerap dilakukan pada malam hari itu.

"Jadi kelima pelaku ini termasuk otaknya perannya beda-beda. Ada yang jadi mata-mata, pengambilan kayu dan sopir truk. Selain lima orang pelaku ini, masih ada empat pelaku lain yang masih kami buru," Kata Antonius dalam jumpa pers di Mapolres Blora, Senin (2/12/2019).


Polisi juga berhasil mengamankan barang bukti enam gelondong kayu jati berdiameter 40 cm persegi dan satu buah mata gergaji mesin.

Kepada polisi, tersangka B yang merupakan mantan mandor tebang di Perhutani KPH Cepu, Blora, mengaku nekat melakukan pencurian kayu jati untuk memenuhi kebutuhan keluarganya. Dia berdalih gajinya sebagai pegawai Perhutani tidak cukup untuk memenuhi kebutuhan istri dan dua orang anaknya.

"Saya dulu sebagai mandor tebang dan Polter di sana. Tahun 2015 dipecat karena terlibat pencurian kayu. Saya terpaksa nyuri kayu karena gaji dari Perhutani tidak cukup. Tahun itu gaji saya hanya sekitar Rp 1,5 juta," akunya.

Atas perbuatannya, para tersangka terancam Undang-Undang Kehutanan dengan ancaman maksimal 5 tahun penjara.


Tonton juga Bengawan Solo Tercemar, 12 Ribu Pelanggan PDAM di Blora Terdampak :

[Gambas:Video 20detik]


(rih/rih)


Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com