Yogya Istimewa!

Nama Desa dan Kecamatan di DIY Dikembalikan Sesuai Pra-Kemerdekaan

Usman Hadi - detikNews
Senin, 02 Des 2019 15:16 WIB
Acara tradisi di Keraton Yogyakarta. (Foto: Misericordias Domini/detikcom)
Yogyakarta - Pemda DIY memutuskan mengubah penamaan desa dan kecamatan di daerah tersebut. Disebutkan bahwa nama-nama tersebut bukan hal baru, tapi justru dikembalikan pada nomenklatur di masa sebelum kemerdekaan.

Paniradya Pati Paniradya Kaistimewaan DIY, Beny Suharsono, mengatakan bahwa Nagari Ngayogyakarta Hadiningrat dan Kadipaten Pakualaman sudah ada sebelum Republik Indonesia berdiri.

"Jadi sejak masa itu kita menggunakan nomenklatur itu, walaupun beberapa (nomenklatur itu) ada penyesuaian tadi. Supaya apa? Agar kekiniannya bisa kita tangkap," ujar Beny, Senin (2/12/2019).


Pemda DIY memang memutuskan mengubah nomenklatur kecamatan di kabupaten menjadi kapanewon dengan pejabatnya disebut panewu. Sementara kecamatan di kota menjadi kemantren dengan pejabatnya disebut mantri pamong praja.

Tak hanya itu, nama desa nantinya juga akan diubah menjadi kalurahan. Perubahan nomenklatur kelembagaan ini juga akan diikuti perubahan nomenklatur jabatan di tingkat desa, misalnya Urusan Keuangan menjadi Danarta.
Selanjutnya
Halaman
1 2