Jembatan Menuju Kawasan Wisata Ziarah Gunung Kemukus Sragen Terbakar

Andika Tarmy - detikNews
Sabtu, 30 Nov 2019 22:00 WIB
Kebakaran di Jembatan Barong, Gunung Kemukus, Sragen. Foto: Istimewa
Kebakaran di Jembatan Barong, Gunung Kemukus, Sragen. Foto: Istimewa
Sragen - Warga Desa Pendem, Kecamatan Sumberlawang, Sragen, dikejutkan api yang tiba-tiba muncul dari bagian bawah Jembatan Barong di Obyek Wisata Gunung Kemukus. Polisi menyebut, kebakaran dipicu aktivitas pengelasan yang menyambar papan kayu sisa pembangunan di salah satu tiang jembatan.

Kapolsek Sumberlawang, AKP Fajar Ichsanudin menyebutkan, api pertama kali diketahui oleh warga sekitar pukul 16.30 WIB, Sabtu (30/11/2019). Menurutnya, saat itu kondisi api telah menyala di bagian atas salah satu tiang jembatan.

"Jadi di bagian bawah jembatan kan masih banyak papan kayu yang dulu digunakan untuk mengecor jembatan. Api membakar papan-papan kayu itu. Warga yang mengetahui kejadian, kemudian menghubungi kami. Sesuai prosedur, kami pun segera menghubungi pihak pemadam kebakaran terdekat," ujar Fajar saat dihubungi detikcom, Sabtu (30/11/2019).


Fajar melanjutkan, api tidak membesar dan bisa dipadamkan sekitar pukul 17.00 WIB. Polisi pun segera melakukan olah TKP dan meminta keterangan para saksi mata. Menurutnya, kebakaran ini dipicu aktivitas pekerja yang sedang melakukan pengelasan di Jembatan Barong.

"Kebetulan kan memang sedang ada proyek untuk memperindah Jembatan Barong. Api bermula dari sisa percikan pengerjaan las pada jembatan tersebut. Percikan api tersebut menyulut papan kayu sisa cor di bagian bawah jembatan sehingga terjadi kebakaran," terang Fajar.


Menurut Fajar, setelah dilakukan olah TKP dan bahan keterangan dari para saksi, pihaknya tidak menemukan unsur kesengajaan dalam kejadian ini.

"Kejadian tersebut tidak menimbulkan kerusakan fatal pada fisik jembatan, serta tidak ada kerugian jiwa maupun kerugian materiil jembatan," imbuhnya. (sip/sip)