Tersengat Tawon Saat OTT, 2 Relawan Dirawat di Rumah Sakit Solo

Bayu Ardi Isnanto - detikNews
Jumat, 29 Nov 2019 15:45 WIB
Sarang tawon vespa affinis. Description. (Foto: Imam Suripto/detikcom)
Solo - Dua orang relawan tersengat tawon vespa affinis saat melakukan operasi tangkap tawon (OTT) di Kelurahan Gilingan, Banjarsari, Solo. Akibatnya, relawan bernama Lutfi dan Ricky itu harus dilarikan ke rumah.

Peristiwa terjadi pada Kamis (28/11) malam. Saat itu sejumlah relawan mendatangi rumah yang melaporkan adanya sarang tawon.

Ketua Forum Sukarelawan Solo, Mulyadi, mengatakan tempat tawon bersarang itu memang sudah rapuh. Saat relawan mendekat, sebagian sarang jatuh dan membuat tawon bereaksi.

"Kebetulan tempat sarangnya itu sudah rapuh. Saat relawan mendekat ada yang runtuh. Tawon-tawon keluar dan menyerang," katanya saat dihubungi wartawan, Jumat (29/11/2019).


Menurutnya, tawon memang peka terhadap adanya tekanan ke sarang mereka. Untungnya saat malam hari penglihatan tawon tidak terlalu tajam.

"Sebenarnya teman-teman relawan akan menutup lubang sarang tawon dengan kain dan bensin. Karena diserang, mereka menghindar, tapi ada dua yang kena," ujarnya.

Dua relawan itu akhirnya dilarikan ke rumah sakit. Meski kondisinya tidak parah, Mulyadi meminta keduanya menginap di rumah sakit.

"Alasannya karena waktu sudah malam. Selain itu saya ingin memastikan tidak ada hal yang fatal terjadi pada relawan," kata dia.


Sementara itu, Kepala Dinas Pemadam Kebakaran Surakarta, Gatot Sutanto, mengatakan butuh persiapan dan strategi dalam menangani tawon vespa atau yang dikenal tawon endhas.

"Memang harus disurvei dulu, lalu didiskusikan strateginya seperti apa. Termasuk ketika ada keadaan darurat harus melakukan apa, harus sudah disiapkan," pungkasnya. (bai/mbr)