Serangan Tawon Juga Terjadi di Tegal, 1 Korban Meninggal Dunia

Imam Suripto - detikNews
Kamis, 28 Nov 2019 15:10 WIB
Sarang tawon Vespa affinis. (Imam Suripto/detikcom)
Kota Tegal - Dua orang warga Kelurahan Krandon Kidul, Kecamatan Margadana, Kota Tegal, Jawa Tengah, menjadi korban keganasan kawanan tawon. Keduanya diserang serangga predator tersebut di lokasi yang sama, satu di antaranya meninggal dunia.

Keduanya disengat kawanan lebah yang bersarang di sebuah lahan kosong dekat rumahnya. Mereka adalah Sakwadi (67) dan Carmi (75), yang beralamat di Jalan Ki Ageng Tirtayasa, Gang Melati 5, Kelurahan Krandon Kidul, Margadan, Kota Tegal.

Dartam (67), kerabat korban Carmi, mengatakan saat itu korban diserang tawon saat melewati jalan setapak pada lahan kosong. "Menjelang Magrib Selasa (19/11/2019) petang. Mungkin tidak sengaja menyenggol sarang lebah, jadi diserang," ujar Dartam.


Korban sempat diobati mantri desa setempat, namun kondisinya semakin buruk. Bekas sengatan tawon ini menyebabkan tubuh Carmi membiru dan bengkak. Korban akhirnya meninggal pada Kamis (21/11).

Sakwadi, tetangga Carmi, berinisiatif melakukan pemusnahan sarang tawon Vespa affinis tersebut. Dia memberanikan diri mengevakuasi sarang sebesar kantong semen tersebut. Namun, pada saat itu, dia justru diserang oleh ratusan lebah. Hampir seluruh tubuhnya disengat ratusan lebah. Dia lalu dilarikan ke RSUD Kardinah, Kota Tegal.

"Sudah mau dimasukkan ke karung. Tapi, begitu karung mau diikat, ratusan lebah ini terbang dan menyengat saya. Sengatannya ini membuat panas, pegal, dan pusing," terang Sakwadi.



Simak Video "Jangan Panik! Simak Tips Tangani Sarang Tawon Vespa"

[Gambas:Video 20detik]

(mbr/mbr)