ADVERTISEMENT

Beda Kata Istri dan Temuan Polisi soal Hilangnya Kades Terpilih Fauzi

Uje Hartono - detikNews
Rabu, 27 Nov 2019 10:55 WIB
Ahmad Fauzi (Foto: dok. Istimewa)
Banjarnegara - Ahmad Fauzi, cakades terpilih Desa Batur di Banjarnegara, dilaporkan hilang oleh keluarga sejak 12 November lalu. Istrinya membuat pengakuan bahwa tak ada komunikasi sejak Fauzi meninggalkan rumah. Namun penelusuran polisi berkata lain.

Kapolsek Batur AKP Agung Setyawan mengatakan pihaknya telah menerima laporan orang hilang atas nama Ahmad Fauzi pada Sabtu (23/11). Menurut laporan keluarga kepada polisi, semenjak meninggalkan rumah hingga sekarang, ponsel Fauzi tidak bisa dihubungi lagi.


Masih berdasarkan laporan keluarga kepada polisi, sebelum meninggalkan rumah, Fauzi berpamitan akan menemui tim dari Walhi.

"Berdasarkan keterangan pelapor, Ahmad Fauzi izin meninggalkan rumah ada hubungannya dengan bertemu tim Walhi setelah kejadian kebakaran hutan di Gunung Petarangan, Desa Batur, beberapa waktu lalu," terang AKP Agung.


Namun, kepada detikcom, istri Fauzi, Tanti, memberikan penjelasan berbeda. "Pamitnya ke kantor di Semarang. Tetapi ke kantor apa saya kurang paham," kata Tanti saat dihubungi, Selasa (26/11).

Meski demikian, dia tetap mengatakan, sejak Fauzi meninggalkan rumah tersebut, komunikasi dengan suaminya itu terputus. Ponsel Fauzi tak lagi bisa dihubungi. "Terakhir komunikasi ya pas hari Selasa itu, tanggal 12 November," ujar Tanti. "Setelah dia pergi dari rumah, sudah tidak bisa berkomunikasi," lanjutnya.

Kapolres Banjarnegara AKBP Aris Yudha Legawa juga mengungkapkan, berdasarkan laporan keluarga yang diterima Polres Banjarnegara, Ahmad Fauzi pamit kepada istrinya akan pergi ke Semarang bersama Camat Batur. "Pamitnya mau pergi ke Semarang bersama Camat Batur," ujarnya.

Namun hasil pelacakan yang dilakukan polisi ternyata berbeda. AKBP Aris Yudha Legawa menyebut masih ada komunikasi Fauzi dengan Tanti menggunakan ponsel pada 15 November atau 3 hari semenjak Fauzi dilaporkan hilang oleh keluarga.

"Kami terus melacak Ahmad Fauzi dengan menggunakan ponselnya. Hasilnya, pada 15 November 2019 ternyata masih melakukan kontak dengan istrinya di rumah," kata dia saat dihubungi detikcom, Rabu (27/11/2019).


Saat itu, kata Legawa, komunikasi Ahmad Fauzi dengan Tanti membicarakan pengiriman berkas BPJS.

"Dalam komunikasi itu, mereka membicarakan tentang pengiriman berkas BPJS. Setelah itu, ponsel milik Ahmad Fauzi tidak aktif. Sempat aktif lagi, hanya sebentar. Setelah itu tidak aktif sampai sekarang," jelasnya.


Seperti diberitakan sebelumnya, Ahmad Fauzi merupakan Kades Batur terpilih yang akan dilantik pada 11 Desember 2019. Ia meninggalkan rumah sejak 12 November 2019. Pihak keluarga telah membuat laporan orang hilang ke polisi. (mbr/mbr)


ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT