Angin Kencang Landa 5 Kecamatan di Klaten, Banyak Pohon Tumbang

Achmad Syauqi - detikNews
Minggu, 24 Nov 2019 21:40 WIB
Dampak angin kencang di Klaten. (Foto: Achmad Syauqi/detikcom)
Klaten - Hujan deras disertai angin kencang menerjang di 5 wilayah kecamatan di Kabupaten Klaten, Jateng, Minggu (24/11/2019) sore. Sebanyak 12 desa dilaporkan terdampak, pohon tumbang dan tidak ada laporan korban jiwa.

Kepala Bidang Logistik dan Kedaruratan BPBD Pemkab Klaten, Sri Yuwana Haris, mengatakan dari pendataan ada 12 desa di 5 kecamatan terdampak. "Rata-rata pohon tumbang. Genteng hanya sebagian kecil rusak ringan," terangnya.

Di Kecamatan Ceper pohon tumbang di Desa Jambu Kulon dan Dimas. Di Trucuk pohon tumbang menghalangi jalan.

Demikian pula di di Kecamatan Cawas, banyak pohon tumbang di Desa Pogung, Gombang, Tlingsing, Japanan, Tirtomarto dan Bogor. Satu rumah di Desa Bogor tertimpa pohon lamtoro. Di Kecamatan Karangdowo pohon tumbang di jalan Desa Ringin Putih dan Tumpukan. Di Kecamatan Klaten Selatan juga tidak jauh berbeda.


Di desa Jalan Yogya-Solo, sebatang pohon trembesi tumbang di ruas Desa Klepu, Kecamatan Ceper. Pohon langsung dievakuasi warga dan relawan. Bahkan di di Desa Brangkal, Kecamatan Karanganom, dilaporkan hujan disertai butiran es.
Angin Kencang Landa 5 Kecamatan di Klaten, Banyak Pohon TumbangDampak angin kencang di Klaten. (Foto: Achmad Syauqi/detikcom)

Di dalam kota, atap kantor Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Pemkab Klaten di belakang kantor DPRD Desa Tegalyoso, Kecamatan Klaten Selatan, rusak dihantam hujan deras dan angin. Atap berbahan baja ringan rusak dan satu sepeda motor tertimpa reruntuhan.

Sebagian atap dan kanopi mengalami kerusakan. Atap bagian barat dan bagian selatan ambrol. Kerusakan juga di ruang fotokopi.


Kepala Bidang Pendaftaran Penduduk Dinas Dukcapil Pemkab Klaten, Sri Hartanto mengatakan kerusakan sebagian besar di atap. Tidak ada yang terluka.

"Sebagian besar atap, kaca di kantor saya tiga pecah. Tidak ada korban sebab libur pelayanan," jelasnya. (mbr/mbr)