detikNews
2019/11/22 14:09:15 WIB

Kompleks Kandang Ayam Terbakar, 2 Damkar dan Water Cannon Diterjunkan

Imam Suripto - detikNews
Halaman 1 dari 2
Kompleks Kandang Ayam Terbakar, 2 Damkar dan Water Cannon Diterjunkan Kebakaran melanda kompleks kandang ayam potong di Brebes. (Imam Suripto/detikcom)
Brebes - Kompleks kandang ayam potong di Kelurahan Limbangan Wetan, Kecamatan Brebes, Kabupaten Brebes, Jawa Tengah, terbakar siang hari ini. Belum diketahui secara pasti penyebab kebakaran ini, namun diduga akibat ulah orang yang membakar rumput kering.

Tidak ada korban jiwa dalam peristiwa ini. Sedangkan kerugian akibat kejadian ini diperkirakan mencapai Rp 1,2 miliar. Salah seorang warga Limbangan Wetan, Duladi (42), mengatakan kebakaran itu terjadi sekitar pukul 11.00 WIB, Jumat (22/11/2019). Diduga api bersumber dari rumput alang-alang yang berada tidak jauh dari kompleks peternakan ayam.

"Ada yang membakar alang-alang. Api tadinya kecil, tapi akibat tertiup angin, api makin besar dan merembet ke kandang ayam," ujar Duladi di lokasi kejadian.

Ada dua kandang ayam berukuran besar yang ludes terbakar dengan total kapasitas 30 ribu ekor ayam. Saat kebakaran ini terjadi, dua kandang ayam ini dalam kondisi kosong.

"Baru sekitar 15 hari lalu panen. Rencananya minggu depan akan ngisi lagi," imbuh Duladi.


Dua unit mobil pemadam kebakaran didatangkan ke lokasi kejadian, termasuk satu unit mobil water cannon milik Polres Brebes. Petugas damkar kemudian langsung melakukan pemadaman agar tidak merembet ke lokasi lain. Sekitar 25 menit terbakar, bangunan kandang dari bambu ini akhirnya rata dengan tanah.


Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com