Kemutuk Desa Berpenduduk Terkecil di Magelang

Kemutuk Desa Berpenduduk Terkecil di Magelang

Eko Susanto - detikNews
Rabu, 20 Nov 2019 19:48 WIB
Foto: Eko Susanto/detikcom
Foto: Eko Susanto/detikcom
Magelang - Di Kabupaten Magelang, Jawa Tengah ada desa dengan jumlah penduduk terkecil. Jumlah warga di Desa Kemutuk, Kecamatan Tempuranini hanya 463 jiwa. Desa ini hanya ada satu dusun yakni Dusun Kemutuk.

Letak geografis Dusun Kemutuk, Desa Kemutuk, ini berada di wilayah Kecamatan Tempuran. Kondisi daerahnya juga yang paling tinggi. Untuk menuju desa ini, perjalanan dari ibu kota, Kabupaten Magelang sampai sini sekitar 30 menit. Kemudian, dari kantor Kecamatan Tempuran sampai di desa ini berjarak sekitar 8 Km.

Jalan dari kecamatan menuju desa ini telah beraspal dan beton. Kendati demikian, untuk kondisi jalan beraspal ada juga yang mulai mengelupas. Sedangkan khusus jalan desa di Desa Kemutuk kebanyakan telah dibeton.

Kondisi lainnya, di desa ini terdapat satu sekolah dasar yakni SDN Kemutuk dan Pos PAUD. Sedangkan setelah lulus SD, kebanyakan siswa melanjutkan menuju SMP yang berada di desa tetangga berjarak minimal 3 km, maupun menuju Tempuran atau melanjutkan di MTs Kaliangkrik.

Sekretaris Desa Kemutuk Suyanto mengatakan, jumlah penduduk Desa Kemutuk tidak banyak. Sesuai dengan perhitungan pada bulan ini jumlah total penduduk ada 463 jiwa, terdiri dari 144 KK. Kemudian, desa ini hanya ada satu dusun terdiri dari dua rukun warga (RW) dan lima RT.

"Kondisi letak geografis memang berada di puncak teratas dari wilayah Kecamatan Tempuran, paling tinggi. Jarak tempuh sekitar 15-20 menit dari desa ke kota Kecamatan. Untuk dari kabupaten kurang lebih 30 menitan, kadang bisa lebih," katanya saat ditemui di rumahnya Dusun Kemutuk, Desa Kemutuk, Rabu (20/11/2019).
Selanjutnya
Halaman
1 2 3