GBL Semarang-Kendal Jadi Lokalisasi Terakhir yang Ditutup di Jawa

Angling Adhitya Purbaya - detikNews
Selasa, 19 Nov 2019 12:28 WIB
Lokalisasi Gambilangu di perbatasan Kendal-Semarang, Jawa Tengah, ditutup hari ini. (Angling Adhitya Purbaya/detikcom)
Lokalisasi Gambilangu di perbatasan Kendal-Semarang, Jawa Tengah, ditutup hari ini. (Angling Adhitya Purbaya/detikcom)
Semarang - Lokalisasi yang berada di perbatasan Semarang-Kendal hari ini resmi ditutup. Tempat yang dikenal sebagai Gambilangu atau GBL atau yang populer juga dengan sebutan JBL itu menjadi lokalisasi terakhir di Jawa yang ditutup.

Dirjen Rehabilitasi Sosial, Tunasusila, dan Korban Perdagangan Orang Kemensos Waskita Budi Kusumo mengatakan program pemerintah untuk penutupan lokalisasi di seluruh Indonesia ditargetkan rampung tahun ini.

"Ini ke-162 dari 169. Target tahun ini," kata Waskita seusai seremonial penutupan JBL di Terminal Mangkang, Semarang, Selasa (19/11/2019).


Ia menjelaskan, dengan ditutupnya JBL, penutupan lokalisasi di Jawa sudah rampung. Pekan depan ia akan melanjutkan penutupan lokalisasi di Ambon.

"Jawa sudah selesai. Masih ada di Sumatera Utara, Bangka Belitung, Bengkulu, Palangka Raya, dan Timika Papua, dan Ambon," tutur Waskita.

"Kami dari Kemensos beri bantuan Rp 1,3 miliar terutama untuk para penerima manfaat. Untuk 126 orang yang di wilayah Semarang, dan di Kendal 100 orang," pungkasnya.
Selanjutnya
Halaman
1 2