Kebakaran Lawu, Jalur Pendakian Candi Cetho-Cemoro Kandang Ditutup

Andika Tarmy - detikNews
Sabtu, 16 Nov 2019 12:18 WIB
Jalur pendakian Cemoro Kandang, Tawangmangu, Karanganyar, Sabtu (16/11/2019). Foto: Istimewa
Jalur pendakian Cemoro Kandang, Tawangmangu, Karanganyar, Sabtu (16/11/2019). Foto: Istimewa
Karanganyar - Otoritas jalur pendakian Gunung Lawu via Candi Cetho dan Cemoro Kandang, memutuskan untuk menutup sementara jalur dari aktivitas pendaki. Penutupan menyusul kebakaran yang terjadi di sisi timur Gunung Lawu.

"Betul, selaku pengelola jalur pendakian kami putuskan menutup jalur mulai pukul 18.30 WIB, Jumat kemarin. Penutupan dilakukan setelah ada informasi dari pengelola pendakian Jawa Timur terkait kebakaran hutan yang terjadi," kata koordinator pendakian jalur Candi Cetho dan Cemoro Kandang, Sunardi, saat dihubungi detikcom, Sabtu (16/11/2019).


Saat ditutup, lanjut Sunardi, sudah ada sekitar 30 pendaki yang naik melalui jalur Candi Cetho, serta 8 orang yang naik dari jalur Cemoro Kandang. Para pendaki kemudian diminta untuk segera turun, demi menghindari hal yang tidak diinginkan.

"Pendaki yang naik melalui jalur Candi Cetho, semalam dikontak untuk langsung turun. Saat ini mereka posisi sudah di bawah Pos 3, yang relatif sangat aman karena jalur ini dalam kondisi sangat lembap menyusul hujan yang turun tiga hari terakhir," jelas Sunardi.


Penutupan jalur pendakian, lanjutnya, merupakan kesepakatan yang dibuat oleh pengelola jalur pendakian, Perhutani dan Kapolres Karanganyar. Yakni setiap terjadi musibah kebakaran maka diputuskan jalur akan ditutup sementara demi keselamatan pendaki.

"Sebetulnya baik jalur Candi Cetho maupun Cemoro Kandang relatif sangat aman. Karena info terakhir, posisi titik api berada di petak 51C wilayah Bedagung, Magetan. Itu jaraknya masih sekitar 12 kilometer dari jalur Cetho. Namun karena sudah ada kesepakatan, penutupan jalur tetap kita lakukan," terang Sunardi.
Selanjutnya
Halaman
1 2