Lagi-lagi Pantai Wates Rembang Berlumpur, Bau dan Bikin Gatal

Arif Syaefudin - detikNews
Kamis, 14 Nov 2019 15:25 WIB
Kondisi bibir Pantai Wates, Rembang. (Arif Syaefudin/detikcom)
Kondisi bibir Pantai Wates, Rembang. (Arif Syaefudin/detikcom)

Ia menyebut, jika dalam kondisi angin barat, pantai kembali bersih dan terbebas dari lumpur. Berbeda ketika terjadi angin timur yang umumnya terjadi ketika peralihan musim kemarau ke musim penghujan.

"Dalam waktu yang lama endapan tersebut menjadi lumpur, situasi tersebut juga dipengaruhi arah angin saat angin barat maupun angin timur. Saat angin baratan kondisi pantai menjadi bagus dan saat timuran kembali lagi seperti semula," terangnya.

Pemerintah Kabupaten Rembang menurutnya juga telah menyarankan kepada pihak DPRD Provinsi Jawa Tengah ketika meninjau kondisi Pantai Wates agar diadakan pengerukan lumpur tahun lalu. Hanya saja, hal itu urung dilakukan.


"Oleh karena itu saat ada peninjauan anggota DPRD Provinsi pernah kami sarankan untuk diadakan kegiatan pengerukan, supaya lumpur tidak bertambah banyak," jelasnya.

Disinggung terkait limbah pembuangan oleh industri pengolahan ikan yang lokasinya tak jauh dari pantai tersebut, Dwi Wahyuni menyebut sejauh ini pembuatan instalasi pengolahan air limbah (IPAL) sudah dalam tahap akhir pembuatan.

"Untuk perusahaan sekitar sudah dalam tahap akhir pembuatan IPALnya," papar Dwi.
Halaman

(sip/sip)