detikNews
2019/11/14 15:25:23 WIB

Lagi-lagi Pantai Wates Rembang Berlumpur, Bau dan Bikin Gatal

Arif Syaefudin - detikNews
Halaman 1 dari 3
Lagi-lagi Pantai Wates Rembang Berlumpur, Bau dan Bikin Gatal Kondisi bibir Pantai Wates, Rembang. (Arif Syaefudin/detikcom)
Rembang - Pantai Pasir Putih Wates, yang berada di Desa Tasikharjo, Kecamatan Kaliori, Rembang, kini kondisinya kembali memprihatinkan. Bibir pantai berlumpur warna hijau, mengeluarkan bau busuk, dan menyebabkan gatal pada kulit.

Ketua pengelola pantai Wates, Heri Prasetyo, mengatakan kondisi tersebut muncul sejak kemarin. Pada hari pertama kemunculan limbah itu, banyak biota laut yang mati. Mulai ikan, kepiting, udang, hingga ubur-ubur, yang kemudian terdampar mati di bibir pantai.

"Kondisinya sudah dua hari ini agak parah. Kemarin hari pertama yang parah, banyak biota laut yang mati, seperti ikan, kepiting, udang, rajungan, kerang-kerang, itu banyak yang mati. Lautnya berlumpur, warnanya hijau, baunya nggak enak, kalau kena kulit gatal," kata Heri kepada detikcom, Kamis (14/11/19).


Dia menduga kondisi tersebut akibat limbah buangan industri ikan yang berada tak jauh dari lokasi pantai. Sebab, kondisi yang sama pernah terjadi dua tahun lalu dan penyebabnya pun pembuangan limbah yang sembarangan.

Kondisi bibir Pantai Wates, Rembang. Kondisi bibir Pantai Wates, Rembang. (Arif Syaefudin/detikcom)

"Penyebabnya sebelah timur pantai ini kan ada kawasan industri ikan. Itu kan mereka membuang limbah langsung ke laut tanpa IPAL. Indikasinya yang menyebabkan pencemaran ya itu, sama dengan yang dulu," jelasnya.



Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com