Waduh! Bendung Tirtonadi Solo Sempat Dipenuhi Busa Misterius

Bayu Ardi Isnanto - detikNews
Rabu, 13 Nov 2019 16:37 WIB
Bendungan Tirtonadi dipenuhi busa misterius, Rabu (13/11). Foto: Bayu Ardi Isnanto/detikcom
Bendungan Tirtonadi dipenuhi busa misterius, Rabu (13/11). Foto: Bayu Ardi Isnanto/detikcom
Solo - Pemandangan tak biasa terlihat di Kali Anyar, Bendung Karet Tirtonadi Solo sejak pagi hingga siang tadi, Rabu (13/11/2019). Tampak busa memenuhi sungai di sekitar pintu air bendungan.

Peristiwa itu disebut-sebut baru sekali ini terjadi di Kali Anyar. Masyarakat pun penasaran dan menjadikannya sebagai tontonan. Pantauan detikcom di lokasi, busa itu mulai hilang pada pukul 13.00 WIB.

Ketua Komisi II DPRD Surakarta, YF Sukasno, meminta Dinas Lingkungan Hidup segera meneliti penyebab munculnya busa. Dia khawatir ikan-ikan akan semakin banyak yang mati akibat polusi air.

"Memang Solo ini kan dikelilingi sungai yang hulunya berada di luar Solo. Seharusnya daerah lain juga melakukan pengawasan. DLH sudah saya minta mengambil sampel, mereka minta waktu untuk mengetahui hasilnya," kata Sukasno saat meninjau Bendung Karet Tirtonadi, Rabu (13/11/2019).


Dia menduga sumber polusi tersebut berasal dari limbah pabrik. Saat kemarau limbah tersebut banyak mengendap, namun pada awal penghujan endapan tersebut ikut terbawa air.

"Seharusnya pabrik itu punya pengolahan limbah sendiri. Kalau kemarau kan limbahnya mengendap, tidak mengalir, saat hujan pertama seperti disentor," ujar dia.
Selanjutnya
Halaman
1 2