Pilkada 2020, Parpol di Klaten Masih Jaring Calon

Achmas Syauqi - detikNews
Senin, 28 Okt 2019 17:36 WIB
Foto: Ilustrasi Pilkada Bekasi (Dok. Detikcom)

Secara terpisah Ketua DPC PKB Kabupaten Klaten, Ahmad Mutohar mengatakan partainya belum membuka pendaftaran untuk Pilkada 2020. PKB masih mencari momentum yang tepat untuk membuka pendaftaran.

"Kami masih menunggu waktu yang tepat sebab kursi kami hanya 4 sehingga tidak bisamaju mengusung calon sendiri. PKB harus berkoalisi dengan partai lain sebab minimal harus punya 10 kursi untuk bisa mengusung calon dan kami sudah diajak berkoalisi dengan partai lain. Termasuk dengan PDIP untuk memenangkan Pilkada," jelasnya.
Hal serupa juga diungkapkan dari Partai Gerindra yang belum mau berbicara tentangkoalisi sebab masih disibukan pendaftaran bakal calon. DPC Partai Gerindra Klaten membuka pendaftaran mulai tanggal 25 Oktober sampai 15 November 2019.

Hal itu diungkapkan Wakil Ketua DPC Partai Gerindra Kabupatan Klaten, Dwi Atmojo yang mengatakan DPC masih fokus membuka pendaftaran bakal calon. Sejak dibuka tiga hari yang lalu, belum ada laporan dari panitia berapa bakal calon yang sudah mengambil formulir.

Sedangkan DPD PAN Kabupaten Klaten, malah belum sama sekali membuka pendaftaran dan masih menunggu kajian untuk berkoalisi. Sekretaris DPD PAN, M Nurcholis Madjid menyebut DPD sudah menawarkan ke beberapa tokoh, termasuk internal untuk maju di Pilkada tetapi belum ada yang tertarik.

Sebagaimana diketahui di Klaten, PDIP mendapatkan 19 kursi DPRD, Golkar dengan 7 kursi, Gerindra ada 6 kursi, PKS mendapat 5 kursi, PKB mendapat 4 kursi, PAN dengan 4 kursi, Demokrat dengan 3 kursi, PPP ada 2 kursi dan Nasdem 1 kursi. Sejauh ini PDIP sudah membuka pendaftaran dengan 11 bakal calon yang mendaftar dan beberapa
mengembalikan formulir. Sedangkan Partai Golkar mengusung Ketua DPD,
Yoga Hardaya merapat ke PDIP.
Halaman

(bgk/bgk)