Pilkada 2020, Parpol di Klaten Masih Jaring Calon

Achmas Syauqi - detikNews
Senin, 28 Okt 2019 17:36 WIB
Foto: Ilustrasi Pilkada Bekasi (Dok. Detikcom)
Klaten - Kabupaten Klaten, Jawa Tengah akan menggelar pilkada tahun 2020. Suasana masih adem ayem. Partai politik belum melakukan pemanasan mesin politiknya. Demikian pula jalur independen juga belum ada yang mendeklarasikan atau terang-terangnya maju.

Parpol yang mendapatkan satu fraksi di DPRD Klaten di luar PDI P dan Golkar belum memastikan arah koalisi di Pilkada serentak 2020. Partai Gerindra, PKS, PKB dan PAN masih disibukan penjajakan dan penjaringan nama bakal calon.

"Pendaftaran di jalur internal PKS sudah selesai dan PKS punya beberapa nama calon yang akan dikompromikan dengan semua partai yang siap bekerjasama. Baik itu dengan PDIP, Golkar, Gerindra maupun PAN. Kita terus komunikasikan siapa yang bisa bekerjasama dengan kami sebab PKS sudah membuka pendaftaran sejak bulan Juni setelah lebaran lalu," ungkap Ketua DPD PKS Kabupaten Klaten, Marjuki kepada detikcom, Senin (28/10/2019).

Menurutnya sejak membuka pendaftaran DPD PKS lebih memilih jalur internal tetapi tidak menutup munculnya calon dari luar pengurus dan kader melalui jalur komunikasi politik. Internal bisa mengusulkan nama calon dari luar untuk dijaring tetapi selama ini yang muncul tetap dari arus internal PKS sendiri.

"Hasilnya ada dua nama yang mengerucut yang akan diusung PKS dalam rangka berkoalisi dengan partai lain untuk menang di Pilkada. Namun siapa nama tersebut, DPD masih belum mempublikasikan dalam waktu dekat," katanya.
Selanjutnya
Halaman
1 2