Pengamat: Peluang Gibran Menuju Solo Satu Makin Lebar

Bayu Ardi Isnanto - detikNews
Senin, 28 Okt 2019 12:15 WIB
Foto: Bayu Ardi Isnanto/detikcom
Solo - Gibran Rakabuming Raka berambisi maju menjadi Wali Kota Surakarta melalui PDIP. Putra Presiden Joko Widodo itu dinilai berpeluang besar memperoleh rekomendasi dari DPP PDIP.

Hal tersebut disampaikan Kepala Laboratorium Kebijakan Universitas Slamet Riyadi (Unisri) Surakarta, Suwardi. Unisri sebelumnya pernah melakukan survei dan hasilnya cukup positif bagi Gibran.

"Potensi politik Gibran bagus, popularitas bagus, akseptabilitas cukup. Sebagai orang di luar incumbent punya elektabilitas cukup baik," kata Suwardi saat dihubungi detikcom, Senin (28/10/2019).

Menurutnya, kedatangan Gibran ke kediaman Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri beberapa waktu adalah sinyal positif bagi Gibran. Sebab, kata Suwardi, Megawati tidak pernah sembarangan menerima tamu.

"Bu Mega tidak sembarangan nerima orang. Ternyata kok diterima. Artinya Gibran punya nominasi cukup kuat untuk memperoleh rekomendasi, sama kuat dengan calon yang diajukan DPC (Purnomo-Teguh). Tergantung proses politik di DPP nanti seperti apa," katanya.

Selain itu, pertemuan itu juga sekaligus pesan kepada seluruh kader PDIP bahwa keputusan sepenuhnya ada di tangan Ketum PDIP.

"Kan kesannya Gibran itu tidak diterima di DPC PDIP, tapi ternyata Bu Mega menerima," katanya.
Selanjutnya
Halaman
1 2