Belum Padam, Titik Api Masih Terlihat di Hutan Lereng Sumbing

Eko Susanto - detikNews
Jumat, 25 Okt 2019 19:53 WIB
Relawan saat memadamkan kebakaran di Gunung Sumbing, Jumat (25/10/2019). Foto: Istimewa
Magelang - Kebakaran di Gunung Sumbing belum berhasil dipadamkan. Kendala yang dihadapi karena titik api berada di tebing dan jurang serta kondisi angin kencang.

Wakil Administratur KPH Kedu Utara, Bagas Avianto, mengatakan dalam pemadaman kebakaran hutan di lereng Gunung Sumbing melibatkan tim gabungan sekitar 150 orang. Terdiri dari personel Perhutani, BPBD Magelang, TNI, Polri, pengelola basecamp, masyarakat setempat dan relawan.

"Sampai dengan pukul 17.30 WIB, masih terlihat asap. Kemudian, kebakaran hutan belum padam di petak 2A-9," kata Bagas saat dimintai konfirmasi melalui pesan singkat, Jumat (25/10/2019).


Hutan yang terbakar tersebut berada di petak 2A-9, RPH Mangli, BKPH Magelang, KPH Kedu Utara. Upaya pemadaman kebakaran hari ini dimulai pukul 07.30 WIB, Tim I sebanyak 15 orang diberangkatkan menuju lokasi titik api.

Kemudian, pukul 08.30 WIB, Tim II sebanyak 30 orang diberangkatkan dari Posko Karhutla Adipuro menuju lokasi titik api. Pukul 13.00 WIB, Tim III sebanyak 25 orang bergerak dari Dusun Petung menuju lokasi titik api.

"Titik api berada di tebing dan jurang serta angin sangat kencang sehingga menyulitkan relawan untuk melakukan pemadaman. Untuk itu, upaya yang dilakukan pembuatan sekat bakar/ilaran," jelas Bagas.


Simak juga video "Medan Terjal, Petugas Sulit Padamkan Kebakaran Hutan di Trenggalek" :

[Gambas:Video 20detik]

(rih/rih)