15 Hektare Hutan di Gunung Sumbing Terbakar, Api Belum Padam

Eko Susanto - detikNews
Kamis, 24 Okt 2019 19:37 WIB
Kepulan asap kebakaran hutan di lereng Gunung Sumbing, Kamis (24/10/2019) pagi tadi. Foto: Istimewa
Magelang - Kebakaran hutan yang terjadi di lereng Gunung Sumbing hingga petang ini belum berhasil dipadamkan. Luas lahan yang terbakar diperkirakan mencapai 15 hektare.

Wakil Administratur KPH Kedu Utara, Bagas Avianto, mengatakan untuk pemadaman kebakaran para relawan berangkat menuju titik api dari tiga jalur yakni Ngemplak, Petung dan Adipuro. Dalam pemadaman melibatkan tim gabungan sebanyak 70 orang, terdiri dari Perhutani, TNI/Polri, LMDH, relawan dan masyarakat sekitar.


"Titik api berada di tebing dan jurang sehingga menyulitkan relawan untuk melakukan pemadaman. Upaya yang dilakukan dengan pembuatan sekat/ilaran," kata Bagas melalui pesan singkat, Kamis (24/10/2019).

Hutan yang terbakar tersebut berada di petak 2A-9 RPH Mangli, BKPH Magelang, KPH Kedu Utara. Hutan lindung ini berada di Desa Ngemplak, Kecamatan Windusari, Kabupaten Magelang.


"Saat ini api masih menyala dan dilakukan pemantauan dari Basecamp Ngemplak, Mangli dan Adipuro. Luas lahan yang terbakar sekitar 15 hektare dan api belum bisa dipadamkan," ujarnya. (rih/rih)