detikNews
2019/10/23 13:39:19 WIB

Muhammadiyah Soal Menag Fachrul Razi: Sudah Purna, Lepas dari Pola Militer

Usman Hadi - detikNews
Halaman 1 dari 2
Muhammadiyah Soal Menag Fachrul Razi: Sudah Purna, Lepas dari Pola Militer Ketum PP Muhammadiyah, Haedar Nashir. Foto: Usman Hadi/detikcom
Bantul - Presiden Jokowi resmi melantik Jenderal (Purn) Fachrul Razi menjadi Menteri Agama (Menag). PP Muhammadiyah menilai siapapun menteri yang memiliki latar belakang militer, ketika pensiun maka dia akan lepas dari latar belakangnya.

"Siapapun menteri yang punya latar belakang militer kan ketika sudah purna dia lepas dari latar belakang itu, termasuk pola-pola militer," ujar Ketum PP Muhammadiyah, Haedar Nashir, kepada wartawan menanggapi penunjukkan Fachrul sebagai Menag, Rabu (23/10/2019).

Haedar menyebut jika seorang menjadi pejabat negara maka ada beberapa koridor yang harus dipegang oleh pejabat itu, termasuk oleh Menag. Di antara koridor itu seperti berpegang pada sistem serta tugas pokok dan fungsi yang melekat di jabatan tersebut.

"Kemudian yang kedua seperti yang saya sampaikan menteri itu milik semuanya, bukan untuk satu golongan. Kalau toh latar belakangnya militer, dia (menteri tersebut) tidak untuk menteri militer kan, tapi untuk seluruh rakyat Indonesia," tegasnya.


Menurutnya, koridor yang harus dipegang seorang Menag ialah yang bersangkutan dituntut untuk bisa membawa institusi keagamaan menjadi kekuatan yang mencerdaskan, mendamaikan, memajukan dan menyatukan.
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
BERITA TERBARU +