Hutan Lereng Gunung Slamet Wilayah Tegal Kembali Terbakar

Imam Suripto - detikNews
Rabu, 23 Okt 2019 10:05 WIB
Kebakaran hutan di Gunung Slamet. -- Foto: Imam Suripto/detikcom
Kebakaran hutan di Gunung Slamet. -- Foto: Imam Suripto/detikcom
Kabupaten Tegal - Lahan dan kawasan hutan di lereng gunung Slamet Kabupaten Tegal, Jawa Tengah, kembali terbakar. Upaya pemadaman dilakukan dengan melibatkan ratusan relawan dari berbagai unsur.

Lokasi lahan dan hutan yang terbakar berada di Dukuh Sudikampir, Desa Guci, Kecamatan Bumijawa, Kabupaten Tegal. Titik api pertama ditemukan pada Selasa malam sekitar pukul 19.00 WIB.

Wakil Administratur Perhutani KPH Pekalongan Barat, Hartanto, saat dikonfirmasi Rabu (23/10/2019) mengatakan, kebakaran hutan di Kabupaten Tegal ini dilaporkan oleh anggota Sibat Desa Guci. Dilaporkan oleh relawan, kebakaran lahan perhutani itu bahkan sudah mendekat ke kawasan pemukiman warga.

"Kami langsung berkoordinasi dengan beberapa pihak untuk melakukan pemadaman di lokasi hutan yang terbakar," ujar Hartanto.


Proses pemadaman berlangsung selama beberapa jam. Relawan dari BPBD, PMI, SAR, TNI, Polri, Perhutani dan unsur lain dikerahkan untuk proses pemadaman.

Diperkirakan, sekitar pukul 00.00 WIB proses pemadaman dihentikan karena api sudah mulai padam. Namun demikian petugas masih mewaspadai titik api di lokasi yang sulit dijangkau.


"Api sejak dinihari tadi api sudah padam. Tapi perlu diwaspadai adanya titik api yang belum padam seluruhnya," sambungnya.

Belum diketahui secara pasti penyebab kebakaran itu. Pihak Perhutani masih melalukan pendataan terkait luasan lahan yang terbakar dan kerugian yang ditimbulkan.




Medan Terjal, Petugas Sulit Padamkan Kebakaran Hutan di Trenggalek:

[Gambas:Video 20detik]

(mbr/mbr)