detikNews
2019/10/22 20:11:43 WIB

Cupu Panjala di Gunungkidul Dibuka, Apa Ramalannya?

Pradito Rida Pertana - detikNews
Halaman 1 dari 3
Cupu Panjala di Gunungkidul Dibuka, Apa Ramalannya? Foto: Pradito Rida Pertana/detikcom
Gunungkidul - Masyarakat Gunungkidul memiliki tradisi unik menjelang musim tanam, seperti halnya warga Dusun Mendak, Desa Girisekar, Kecamatan Panggang, Kabupaten Gunungkidul yang membuka Cupu Panjala setiap tahunnya. Untuk pembukaan cupu tahun ini, terdapat berbagai gambar seperti kepala singa, tokoh pewayangan Kresna hingga kerangka manusia. Apa maknanya dari ramalan itu?

Pembukaan Cupu Panjala sendiri setiap tahunnya digelar di kediaman Dwidjo Sumarto, Dusun Mendak, Desa Girisekar, Kecamatan Panggang, Kabupaten Gunungkidul. Sedangkan untuk tahun ini, pembukaan cupu dilaksanakan dini hari tadi, Selasa (22/10/2019) dengan serangkaian prosesi terlebih dahulu.

Rangkaian tersebut seperti suguhan dari tuan rumah berupa nasi uduk dan ayam sekitar jam 11 malam. Memasuki dini hari, kembali dilakukan kenduri. Berbeda dengan prosesi pertama, kali ini setiap 2 pengunjung harus memakan satu piring berisi nasi gurih, peyek, srundeng.

Selesai melewati prosesi tersebut, dimulailah pembukaan kain pembungkus 3 cupu yang masing-masing bernama Cupu Semar Tinandu yang merupakan gambaran keadaan penguasa dan pejabat tinggi. Cupu Palang Kinantang sebagai gambaran untuk masyarakat menengah ke bawah dan Cupu Kenthiwiri untuk menggambaran rakyat kecil.

Prosesi pembukaan Cupu Panjala dipimpin oleh seorang juru kunci, yang bertugas untuk melihat dan menyebutkan tafsiran pada gambar yang terdapat di kain pembungkus Cupu tersebut. Masyarakat pun begitu antusias mengikuti prosesi tersebut. Padatahun ini gambar pada kain pembungkus ada yang bergambar kepala singa, tokoh pewayangan Kresna hingga kerangka manusia.
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com