detikNews
2019/10/18 11:21:10 WIB

Perkosa dan Bunuh Wanita Difabel di Pekalongan, Jumari Terancam Hukuman Mati

Robby Bernardi - detikNews
Halaman 1 dari 2
Perkosa dan Bunuh Wanita Difabel di Pekalongan, Jumari Terancam Hukuman Mati Motor milik pelaku pemerkosaan dan pembunuhan wanita difabel di Pekalongan. Foto: Robby Bernardi/detikcom
Pekalongan - Polisi mengungkap Jumari (30) telah merencanakan pemerkosaan dan pembunuhan seorang wanita difabel di Pekalongan. Atas perbuatan sadisnya itu, Jumari terancam hukuman mati.

"Kita kenakan pasal 340 KUHP, ancaman hukumannya hukuman mati atau seumur hidup," kata Kapolres Pekalongan, AKBP Aris Tri Yunarko kepada wartawan dalam jumpa pers di kantornya, Jumat (18/10/2019).

Ancaman hukuman tersebut lebih berat dari jeratan semula yang dijerat dengan Pasal Primair 339 Subsider 365 ayat 3KUHP, karena menghilangkan nyawa seseorang dengan hukuman minimal 15 tahun penjara.


Aris menjelaskan pelaku dijerat dengan Pasal 340 KUHP tentang pembunuhan berencana karena dia sudah berencana manghabisi korban yang dikenalnya sering menggunakan banyak perhiasan.

"Tersangka kemudian berniat memang untuk menghabisi si korban ini, karena dia melihat korban memiliki perhiasan yang bisa dijual untuk memperbaiki motornya," kata Aris.

Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com