detikNews
2019/10/15 09:16:57 WIB

Round-Up

Di Pilkada Solo Anak Jokowi-Rudy Bisa Bersanding, PDIP Tetap Bergeming

Bayu Ardi Isnanto - detikNews
Halaman 1 dari 4
Di Pilkada Solo Anak Jokowi-Rudy Bisa Bersanding, PDIP Tetap Bergeming Ilustrasi (Edi Wahyono/detikcom)
Solo - PDIP sukses mengantarkan Joko Widodo-FX Hadi Rudyatmo di Pilkada Solo 2005 dan 2010. Seakan bernostalgia, kini giliran anak-anak mereka diwacanakan bersanding maju pada Pilkada 2020. Bahkan hal itu dinilai sebagai solusi.

Putra Jokowi, Gibran Rakabuming Raka, sudah lebih dahulu menunjukkan keinginannya maju di pilkada atau Pilwalkot Surakarta. Sedangkan putra Rudy, Rheo Fernandez, merupakan kader PDIP yang diwacanakan mendampingi Gibran.

Wacana publik itu pun mulai ditanggapi oleh pendukung Gibran. Pegiat Forum Muda Visioner, Guntur Wahyu Nugroho, mengatakan kemunculan nama Rheo harus diapresiasi.

"Ini saatnya teman-teman muda tampil. Makin banyak calon muda visioner yang dimunculkan dan dipanggungkan, kita makin punya banyak calon pemimpin di masa depan," kata Guntur.


Partai Solidaritas Indonesia (PSI), yang mendukung Gibran, tidak mempermasalahkan sosok Rheo. Justru Rheo dinilai bisa menjadi pilihan baru DPC PDIP Surakarta, yang sebelumnya hanya mengajukan pasangan tunggal Achmad Purnomo-Teguh Prakosa.

"Ini bisa menjadi solusi bagi partai untuk mengusung anak muda. Walaupun tentunya kami masih perlu uji bagaimana sosok Mas Rheo, bagaimana cara pandang beliau tentang Solo," kata politikus PSI Surakarta, Antonius Yogo Prabowo.
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com